Senin, 24 November 2014
Bangka Pos

Kue Sam Kok Pan Cukup Digemari

Rabu, 23 Maret 2011 15:15 WIB

Kue Sam Kok Pan Cukup Digemari
bangkapos.com/khamelia
Kue khas Bangka sam kok pan, buatan Maya ini cukup digemari warga.
PANGKALPINANG, BANGKA POS.com -- Kue Sam Kok Pan atau sering disebut Chap Pao Pan merupakan salah satu jenis kue basah khas Bangka.

Sam Kok Pan berbentuk segitiga dan memiliki citarasa khas, makan kue ini seperti makan kwetiaw. Rasanya tidak manis, agak asin, tapi lezat, makan satu pasti kurang.

Dari tampilannya cukup menggoda, lunak dan transparan karena tipisnya kulit pembungkus. "Membuat kue ini gampang-gampang susah, terutama saat buat pembungkusnya, kalau ketebalan orang banyak nggak suka, makanya agak sedikit rumit," kata Maya, pembuat kue sam kok pan, di Jalan A Yani Pangkalpinang kepada Bangka Pos.com, Rabu (23/03/2011).

Maya mengatakan, cara membuat kulit sam kok pan hampir sama dengan membuat kulit pantiaw, cuma harus lebih tipis. Sedangkan isinya terbuat dari pepaya  setengah mengkal berwarna merah, pepaya ini diserut halus memanjang. Kemudian dimasak dengan bumbu bawang putih dan bumbu lainnya. Tak lupa, ciri khas kue ini ada pada rasa udang yang manis gurih.

"Semua bumbu ditumis lalu dimasukkan udang, masak hingga harum, kemudian dimasukkan pepayanya, masak sebentar, angkat," katanya berbagi resep.

Setelah bumbu masak, barulah proses pembuatan, sangat mudah tinggal taruh bumbu di atas kulit segitiga lalu dilipat.

Maya menambahkan, kue ini lebih mantap dimakan bersama kuah kacang. "Nah, kuahnya ini gampang kok buatnya, yakni dari kacang tanah dan diberi bumbu lainnya kemudian dimasak sebentar," ujarnya.

Diakuinya kue sam kok pan sangat digemari terutama warga keturunan. "Pembuat kue ini sudah jarang, makanya agak sulit mencari kue ini di toko-toko, karena memang tidak ada yang jual. Kalaupun ada, biasanya harus pesan lebih dulu," kata Maya yang memiliki cukup banyak pelanggan kue ini.

Ibu satu putri ini menuturkan, kebisaannya membuat kue sam kok pan karena dulu pernah bekerja dengan keluarga China pembuat kue sam kok pan. "Saya belajar sama seseorang yang sekarang sudah almarhum, dia sangat pinter buat kue ini, dan dulunya sangat laris jualan kue sam kok pan. Nah, dari situlah saya sekarang melayani pemesanan kue sam kok pan. Banyak lho, yang pesan ke sana, katanya sama dengan buatan mantan bos saya," kata perempuan berkerudung ini.

Kue sam kok pan dijual Rp 2.000 per buah. Kue ini digemari warga keturunan dan disukai warga melayu. Bagi Anda yang ingin memesan, bisa menghubungi nomor 081373749791. (uwa)


Penulis: khamelia
Editor: dewi_agustina
Sumber: bangkapos.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas