BangkaPos/

Jenazah Hew Kim Fuk Kremasi Pertama di 2011

Hew Kim Fuk, merupakan almarhum yang pemakaman jenazahnya dengan proses kremasi. Selama hidup Hew Kim Fuk...

Laporan Wartawan Bangka Pos, Gilang Puspita

PANGKALPINANG, BANGKAPOS.com -- Hew Kim Fuk, merupakan almarhum yang pemakaman jenazahnya dengan proses kremasi. Selama hidup Hew Kim Fuk banyak berperan dalam perjalanan agama Budha di
Pangkalpinang. Ia bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor perkembangan agama Budha di Pangkalpinang dari tahun 1980-an. Pemakaman secara kremasi memang permintaan Hew Kim Fuk semasa hidupnya.

Bagi pengurus Vihara Kumala Bodhi Pasir Putih Pangkalpinang, Hew Kim Fuk sudah dianggap ebagai sesepuh mereka. Sepanjang perjalanan hidupnya banyak yang telah dilakukan untuk vihara. Termasuk memberikan sebagian tanah miliknya untuk vihara.

"Banyak yang telah ia perbuat sepanjang hidup, terutama untuk perkembangan agama Budha. Beliau juga sebagai salah satu pengurus Vihara Kumala Bodhi," ujar salah satu pengurus Vihara Kumala Bodhi, Hengkie kepada bangkapos.com, Sabtu (23/4/2011).

Rumah Hew Kim Fuk juga berada di samping vihara, sehingga ia juga sering membantu membersihkan vihara. Ia juga sering melakukan kunjungan ke umat-umat khususnya yang beragama budha.

"Kalau ada yang sedang berduka, ia turut membantu. Bahkan ia turun langsung ke lapangan untuk membantu korban," ucapnya.

Namun selama sepuluh tahun terakhir, kesehatan Hew Kim Fuk sudah tidak begitu baik. Sehingga hal tersebut membuat ia tidak terlalu aktif lagi di vihara. Namun demikian, ia tetap aktif mengikuti perkembangan agama Budha.

Pengaruh agama Budha ditularkan Hew Kim Fuk ke anak-anaknya, saat ini sebagian anaknya juga beragama Budha. Mereka juga turut aktif dalam kegiatan di vihara.

Editor: rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help