Anak Pulau Celagen Butuh Uluran Tangan

Kehidupan anak-anak pulau Pongok Desa Celagen, Kecamatan Leparpongok, mencuri perhatian. Roda kehidupan tersebut terekam oleh

Anak Pulau Celagen Butuh Uluran Tangan
BANGKAPOS.COM/SYAFRUDDIN
ANAK PULAU -- Kehidupan anak-anak pulau Pongok Desa Celagen, Kecamatan Leparpongok, mencuri perhatian. Roda kehidupan tersebut terekam oleh lensa kamera bangkapos.com, ketika mengunjungi pulau ini, Kamis (26/5/2011).
Laporan Wartawan Bangka Pos, Syafrudin

BANGKAPOS.COM , BANGKA-Kehidupan anak-anak pulau Pongok Desa Celagen, Kecamatan Leparpongok, mencuri perhatian. Roda kehidupan tersebut terekam oleh lensa kamera bangkapos.com, ketika mengunjungi pulau ini, Kamis (26/5/2011).

Meski hidup di pulau terpencil, dalam serba keterbatasan justru tidak mengikis harapan para bocah yang masih duduk di bangku SD itu untuk menggapai cita-citanya.

Dan mereka pun berharap apakah saat lulus sekolah dasar nanti akan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sebaliknya, mereka  pesimistis lalu berpikir sebatas membantu orang tuanya yakni melaut mencari ikan.

Pikiran itulah yang ada dibenak Imam (10), siswa kelas IV sekolah dasar di Desa Celagen. Ia mengaku memiliki cita-cita supaya bisa sekolah ke jenjang lebih tinggi. "Saya mau sekolah sampai wisuda (perguruan tinggi) pak," tutur Imam dengan mulut manja, dengan bahasa anak-anak ditemui di dermaga pelabuhan setempat.

Bahkan anak-anak lainnya saat ditanya apa cita-citanya, hanya mengatakan ingin menjadi nelayan.
‚ÄĚKami Ingin jadi nelayan nyari ikan, bantu orang tua," jawabnya.

Mereka seakan sudah yakin bahwa dirinya tidak mungkin bisa menempuh pendidikan seperti dicita-citakan. Sebab, kondisi sarana dan prasarana pulau terpencil cukup miris dan jauh dari kecukupan. Penerangan hanya dari mesin genset, bahkan para orangtua kebanyakan mencukupi kebutuhan hidup dari hasil jerih payah melaut.

Sementara itu, desa Celagen berdekatan dengan Desa Pongok. Meski terpisah pulau, namun kedua desa ini berjarak cukup dekat paling sekitar 200 meter menuju Kecamatan Lepar Pongok.

Jarak tempuh dengan menggunakan kapal tradisional dari pelabuhan Sadai menuju Pulau Pongok, memerlukan waktu tempuh hingga dua jam perjalanan. Itu pun jika kondisi laut tidak berombak tinggi. Jika sedang musim barat, hampir tidak ada kapal yang berani berlayar ke pulau tersebut.(*)

Editor: emil
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved