Senin, 31 Agustus 2015

9 Cara Bugar dan Segar Tiap Hari

Senin, 4 Juli 2011 15:40

9 Cara Bugar dan Segar Tiap Hari
shutterstock/kompas.com
Lakukan olahraga di pagi hari agar selalu berenergi.

Energi positif setiap pagi bisa didapatkan dengan mengubah kebiasaan. Penny Love Hoff, coach kesehatan, gaya hidup, dan kebugaran, menyebutkan sembilan cara agar selalu bersemangat setiap pagi:

1. Buat daftar kegiatan harian di malam hari. Hoff tak bosan untuk selalu mengingatkan, bahwa membuat daftar kegiatan harian itu penting. Setiap kali akan beraktivitas, bersiaplah dengan membuat daftar kegiatan atau daftar tugas pada malam hari. Jadi, keesokan hari, terutama saat pagi, Anda bisa memulai semua tugas atau kegiatan dengan penuh perencanaan dan semangat menjalaninya.

"Memang kebiasaan ini terkesan merepotkan, apalagi pada tahap awal memulai kebiasaan baru. Namun, ketika Anda memulai hari dengan daftar kegiatan yang jelas, Anda akan mudah mengingat apa saja yang perlu dilakukan dan semua pekerjaan akan berjalan dengan lebih mudah," jelas Hoff.

2. Pilih kegiatan menyenangkan. Agar pagi Anda penuh semangat, pastikan pada hari itu Anda memiliki rencana kegiatan yang menyenangkan. Bentuknya bisa apa saja, tergantung kegemaran Anda. Misalnya, Anda sudah membuat janji bertemu pelatih pribadi untuk latihan fisik membentuk tubuh ideal. Atau Anda sudah bikin janji makan siang bareng teman. Apa pun aktivitas yang Anda rencanakan setiap harinya, yakini kegiatan tersebut akan membuat pagi hari Anda lebih menyenangkan.

3. Beritahu keluarga mengenai kebiasaan baru Anda. Komunikasikan tekad Anda untuk menjalankan kebiasaan baru kepada keluarga. Bagaimana pun Anda membutuhkan dukungan dan bantuan seluruh anggota keluarga. Dengan mengkomunikasikan niatan Anda, keluarga bisa mengingatkan Anda untuk selalu bangun pagi misalnya, atau memotivasi Anda untuk konsisten menjalankan misi ini.

4. Patuhi alarm. Jika ingin pagi Anda lebih segar, patuhilah alarm dengan tidak menekan ulang tombol alarm Anda. Segera bangun dari tempat tidur Anda begitu alarm berbunyi. Letakkan alarm persis di samping tempat tidur Anda agar tak bersusah payah menjangkaunya.

5. Bangun tidur lekas ke kamar mandi. Ketika bangun tidur di pagi hari, dua menit pertama Anda cenderung tak ingin melakukan apa pun. Waktu ini adalah masa paling sulit, namun Anda harus melawannya. Caranya, pastikan badan Anda terus bergerak, jangan berlama-lama berdiam diri setelah bangun tidur. Meski tubuh masih terasa lemah, segera bangkit, lekas lah ke kamar mandi.

Halaman12
Editor: rusaidah
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas