Minggu, 21 Desember 2014
Bangka Pos

Persiapan Sail WB Terkendala Transportasi dan Akomodasi

Senin, 11 Juli 2011 01:01 WIB

Laporan Wartawan Bangka Pos, Teddy Malaka

PANGKALPINANG, BANGKA POS --
Persiapan Sail Wakatobi Belitong belum maksimal, terutama untuk persoalan akomodasi dan transportasi untuk menampung wisatawan yang diperkirakan menjejali Belitung dalam even internasional tersebut. Saat ini pemerintah daerah Bangka Belitung sedang berusaha mengatasi persoalan tersebut dengan sejumlah strategi..

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung Yan Megawandi kepada bangkapos.com, Minggu (10/07/2011) mengatakan kalau dua kendala yakni transportasi dan akomodasi menjadi persoalan pelik.

"Kita rasakan saat ini adalah masih kurangnya kapasitas transprtasi itu. Dimana saat ini hanya ada empat penerbangan dan itu dirasakan belum cukup," kata Yan.

Pihaknya saat ini berusaha bagaimana sejumlah maskapai untuk bisa memenuhi kendala tersebut. Dimana penambahan armada oleh maskapai begitu diharapkan.

"Misalnya kita sangat berharap sekali Garuda Indonesia mau menerbangi Jakarta - Belitung untuk memperkuat armada lalu lintas transportasi yang menjadi persoalan kita.  Kita juga mengharapkan maskapai lain ikut membantu, tentunya lebih gampang mengakses Belitung lebih banyak dan harganya terjangkau," harapnya.

Selain transportasi, akomodasi menjadi kendala berikutnya . Harus diakui kalau akomodasi di Belitung masih jauh dari cukup. Sehingga ini juga menjadi perhatian khusus dalam hal persiapan untuk Sail WB yang tinggal menghitung waktu.

"Sampai saat ini masih dalam persiapan.  Saat ini ada dua hotel baru kita dorong mereka menyelesaikan kegiatan pembangunannya. Komitmen perusahaan ada yang bulan Juli atau Agustus menyanggupi itu dianataranya," katanya.

Apabila akomodasi itu belum cukup maka salah satu solusinya adalah mendorong pengembangan home stay. Dalam hal ini masyarakat akan dilibatkan mengenai rencana tersebut. Tak hanya itu, pemerintah provinsi juga akan meminta pemerintah pusat bisa membantu peyediaan hotel terapung.

"Hotel terapung itu contonya, sebuah kapal besar yang bisa disandarkan di pantai atau pelabuhan. Dimana kapal itu menyediakan kamar hotel," katanya,
Penulis: teddymalaka
Editor: ismed
Sumber: bangkapos.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas