• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Bangka Pos

KPLB Kecewa Keputusan Panitia

Jumat, 14 Oktober 2011 08:23 WIB
KPLB Kecewa Keputusan Panitia
indosmarin.com
Ilustrasi
BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Ketua KPLB Budi Setiawan mengemukakan ide tagline Clean Ocean for The Future dalam rangkaian acara Sail Wakatobi Belitong 2011 dibuat karena Indonesia ingin menjadi inisiator dari biodiversity (keanekaragaman biota) di laut. Kegiatan yang paling sesuai dengan tagline tersebut, menurut Budi, adalah pelepasan tukik dan penanaman terumbu karang.

Budi terlihat kecewa pada keputusan panitia meniadakan pelepasan tukik sebagai salah satu acara yang ia nilai paling mendukung tema utama Sail Wabe dalam acara puncak. Pelepasan tukik lalu digelar sendiri dengan sederhana saja.

Melalui Sail Belitong yang dihadiri yachter berbagai negara, Indonesia menyatakan komitmennya melalui pelepasan tukik dan
transplantasi terumbu karang. Budi menyayangkan puncak Sail Wabe justru hanya terfokus pada acara seremonial belaka dibanding
menyampaikan pesan konservasi secara internasional.

"Makanya kita bikin acara ini bersama para yachter dan masyarakat. Pada dasarnya masyarakat sangat konsen. Namun sayang sekali tidak dilibatkan, tidak dibuka pintu itu pada acara puncaknya," sesal Budi.

Tukik-tukik yang dilepaskan merupakan tukik hasil penangkaran KPLB di Pulau Kepayang, Sijuk. Pulau Kepayang yang dijadikan tempat konservasi KPLB sering dikunjungi penyu untuk bertelur. Telur-telur penyu tersebut ditangkarkan KPLB hingga menetas dan menjadi tukik sebelum dilepas ke laut. (Al Adhi Setyanto)
Penulis: aladhi
Editor: didit
Sumber: Pos Belitung
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
78117 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas