• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Bangka Pos

Hengky Temukan Laba-Laba Kepiting

Jumat, 13 Januari 2012 10:47 WIB
Hengky Temukan Laba-Laba Kepiting
bangkapos.com/giarti hadi
Laba-laba yang ditemukan Hengky.
Laporan Wartawan Bangka Pos, Giarti Hadi

BANGKA
POS.COM, BANGKA -- Hengky Veru P, warga Selindung Pangkalpinang menemukan laba-laba berbentuk aneh di motornya, Jumat (13/1/2012) pagi.

"Ini ditemukan di motor tadi pagi pas mau ngidupin motor ada laba-laba ini, karena bentuknya yang aneh dan baru liat saya bawa kesini," papar dosen UBB ini saat menyambangi bangkapos.com, Jumat (13/1/2012).

Laba-laba kecil berwarna hitam yang dibawa Hengky ini memang bentuknya tidak biasa, dia memiliki cangkang yang lonjong berwarna hitam legam dengan enam duri di sekelilingnya.

Laba-laba yang diperkirakan sejenis ini pernah ditemukan Desa Gembongan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

"Saya kaget saja, inget nonton di televisi spicies ini hidupnya di Florida, pernah juga ditemukan di Mojokerto, jadi saya ambil, heran saja kok di Bangka ternyata ada," paparnya.

Dari  Wikipedia disebutkan spesies ini termasuk jenis Gasteracantha  Cancriformis atau laba-laba kepiting. Hewan ini banyak ditemukan di bagian selatan Amerika Serikat dari California ke Florida, serta di Amerika Tengah, Jamaika, Kuba, Republik Dominika, Amerika Selatan dan pulau-pulau tertentu di Bahama. Ini juga telah terlihat di Kepulauan Whitsunday, Australia dan Palawan, Filipina.

Spesies laba-laba ini bisa berumur lama. Bahkan, jangka hidup hanya berlangsung sampai reproduksi, yang biasanya terjadi musim semi mengikuti musim dingin saat mereka menetas. Disebutkan betina akan mati setelah memproduksi massa telur, dan pejantan enam hari setelah siklus lengkap induksi sperma betina.

"Ini mau saya bawa ke dinas, mungkin mereka lebih tau, bisa juga nanti dibawa ke kampus," paparnya.

Laba-laba hitam berduri enam inipun menarik perhatian wartawan bangkapos.com yang kemudian berlomba mengabadikan hewan yang lincah bergerak ini.
Penulis: giarti
Editor: ismed
Sumber: bangkapos.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
89987 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas