• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Bangka Pos

Petani Ikan Mulai Manfaatkan Limbah 'Pasar' untuk Pakan Lele

Minggu, 4 Maret 2012 00:07 WIB
Petani Ikan Mulai Manfaatkan Limbah 'Pasar' untuk Pakan Lele
bangkapos.com/edwardi
Panen ikan lele dumbo, Sabtu (3/3/2012).
Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM
, BANGKA - Untuk menekan biaya produksi, terutama biaya pakan dalam usaha budidaya lele dumbo, para petani ikan di Kabupaten Bangka memanfaatkan sisa-sisa atau limbah pasar ikan, seperti usus ayam dan ikan rucah. Selain itu, penggunaan pakan jenis ini dipercaya membuat ikan lebih cepat besar sehingga dari waktu pemeliharaan bisa lebih cepat panen.

Hal ini diungkapkan Mul, petani budidaya ikan lele dumbo dan patin Desa Tutut, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka yang ditemui bangkapos.com di sela-sela kegiatan panen ikan lele dumbo, Sabtu (3/3/2012).

"Kalau kita cuma menggunakan pakan buatan seperti pelet ikan harganya mahal, selain itu ikan juga lama besarnya sehingga keuntungan juga sedikit, tapi kalau kita rajin cari dan mengumpulkan limbah pasar seperti usus ayam dan ikan rucah maka ikan lebih cepat besar dan biaya produksi lebih murah," jelas Mul, yang juga berprofesi sebagai pedagang ikan di pasar Sungailiat.

Dalam kegiatan panen lele dumbo tersebut, Mul berhasil memanen sebanyak 426 kg yang dijual kepada pedagang pengepul ikan seharga Rp 16.000/kg.

"Lumayan lah beternak lele dumbo, iseng-iseng untuk tabungan pas butuh duit bisa di panen untuk menambah kebutuhan rumah tangga," ujarnya.
Penulis: edwardi
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
97818 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas