• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Bangka Pos

Dewan Kapuas Hulu Belajar Gaharu ke Bateng

Senin, 19 Maret 2012 21:42 WIB
Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM
, BANGKA - Sebanyak 16 orang rombongan dari Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Senin (19/3/2012).

Para rombongan tersebut terdiri dari 9 anggota DPRD dan 7 dari Dinas Kehutanan Kabupaten Kapuas Hulu, diterima oleh Wakil Bupati Bangka Tengah, Patrianusa Sjahrun.

Patrianusa mengatakan, rombongan dari Kabupaten Kapuas Hulu ini datang dalam langka mempelajari budidya tanaman gaharu yang sedang berkembang di Kabupaten Bateng.

"Kita menyambut baik kedatangan DPRD dan dinas Kehutanan Kabupaten Kapuas Hulu. Kita siap memberikan informasi seputar tanaman Gaharu," ucap Patrianusa, kepada bangkapos.com.

Ditambahkannya, rombongan tersebut ingin mempelajari bagaimana cara mengelola tanaman gaharu mulai dari budidaya, pendanaan, dan proses menghasilkan gaharu dengan teknik penyuntikan menggunakan inokulan. 

"Mereka juga mempelajari bagaimana manajemen yang dikelola oleh oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Pendanaannya bersumber dari mana saja. Untuk pembiayaan, kita mengunakan dana APBD, dana dekon, DAK dan bantuan pusat," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (DKP) Kabupaten Bateng Mahmudin menambahkan, pihaknya akan memberikan informasi seputar tanaman gaharu yang pernah diterapkan di Bateng terdiri dari bagaimana budidaya tanaman gaharu, pembibitannya, pengelolaannya, pendanaan dan bagaimana proses menghasilkan gaharu dengan Inokulan.

"Kita dari Dinas DKP Bateng siap mendampingi mereka soal keinginan daerah Kapuas Hulu untuk belajar budidaya tanaman gaharu.  Kita juga telah memaparkan kepada mereka soal budidaya, cara penyuntikan, pembibitan, proses mendapatkan pendanaan, cara mengelolanya, kunjungan ke labolatorium dan mendatangi kebun gaharu di Lubuk Besar," kata Mahmudin

Perwakilan DPRD Kapuas Hulu Kalimantan Barat yakni, Wakil Ketua I M. Yusuf Habibi mengatakan, tujuan mendatangi Kabupaten Bangka Tengah adalah ingin menimba ilmu pengetahuan tentang budidaya tanaman gaharu yang pernah diterapkan petani di Kabupaten Bateng. 

"Yang ingin dipelajari juga tak hanya soal budidaya, tapi kita juga mau mengetahui labolatorium gaharu yang di sediakan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan (DKP)," ungkap Yusuf.
Penulis: zulkodri
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
100201 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas