Minggu, 21 Desember 2014
Bangka Pos

Peneliti Litbang Pertanian Siapkan Perluasan Sawah di Beltim

Jumat, 30 Maret 2012 14:49 WIB

Peneliti Litbang Pertanian Siapkan Perluasan Sawah di Beltim
bangkapos.com/rusmiadi
Subardja, Peneliti Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian,
Laporan wartawan Bangkapos Rusmiadi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG
- Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian menerjunkan tim penelitinya dari berbagai bidang, ke lahan sawah dan pertanian di Danau Nujau dan transmigrasi Danau Merante, Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Hadirnya badan litbang tersebut untuk melakukan identifikasi dan inventarisir lahan guna menyiapkan serta merencanakan kegiatan perluasan sawah dan pertanian di Beltim.

Tim peneliti yang diterjunkan memiliki keahlian di bidang sumber daya lahan, pengkajian hasil pertanian, balai besar padi, bidang iklim dan pengairan, kesuburan tanah. Tim peniliti tersebut didampingi balai pengkajian teknologi pertanian Bangka Belitung dan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Beltim.

"Sudah tiga hari kami di sini, melakukan peninjauan langsung di Danau Nujau dan Danau Merante. Prospek dan potensi dari lahannya cukup baik untuk peningkatan produksi padi, cuma permasalahannya pada pengairan," ungkap peneliti Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian Subardja, kepada bangkapos.com, Jumat (30/3/2012).

Ia menuturkan peramasalahan pengairan saat ini sudah di desain irigasi yang cukup baik. Hanya belum sempurna dan berfungsi. Bila sudah berfungsi, produktivitas bisa meningkat, bahkan mampu tiga kali panen padi dalam satu tahun.

"Untuk pengairan dalam jangka pendek, dapat memanfaatkan sumber air baku disekitarnya, dengan memanfaatkan teknologi pertanian. sambil menunggu berfungsinya irigasi," tuturnya.
Penulis: rusmiadi
Editor: asmadi
Sumber: Pos Belitung

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas