Kamis, 28 Mei 2015

Biarlah Anak Bermain di Luar Rumah

Rabu, 4 April 2012 13:58

Biarlah Anak Bermain di Luar Rumah
www.sehatnews.com

Padahal aktivitas fisik di luar ruangan memiliki sejumlah manfaat bagi anak-anak, antara lain mencegah obesitas.

Dalam sebuah wawancara dengan sekitar sembilan ribu orang tua anak-anak pra-sekolah, kurang dari setengah para ibu dan hanya seperempat dari para ayah yang mengaku mengajak anak-anaknya untuk jalan-jalan atau bermain bersama mereka di halaman atau taman setidaknya sehari sekali.

“Terutama bagi orangtua yang bekerja di luar rumah … tidak begitu mudah untuk memiliki waktu bermain di luar ruangan dengan anak-anak setiap hari,” kata Pooja Tandon, seorang dokter anak di Universitas Washington di Seattle, yang melakukan penelitian itu.

Panduan dari Asosiasi Nasional untuk Olahraga dan Pendidikan Jasmani menyarankan agar anak-anak melakukan setidaknya satu jam aktivitas fisik setiap harinya untuk manfaat kesehatan jangka panjang antara lain membantu untuk menangkal obesitas. Anak-anak prasekolah juga harus menghabiskan beberapa jam untuk bermain setiap harinya.

Namun sementara beberapa orang tua mungkin mengira bahwa anak-anak mereka memperoleh waktu bermain yang cukup di luar ruangan saat di berada tempat penitipan anak atau prasekolah, hal itu tidak selalu terjadi, kata Tandon.

Dia dan rekan-rekannya menggunakan data dari penelitian yang melibatkan anak-anak Amerika Serikat yang lahir pada tahun 2001.

Bersama dengan beberapa informasi lainnya yang dikumpulkan ketika anak-anak masih bayi, para peneliti, yang penelitiannya dipublikasikan dalam Arsip Ilmu Kedokteran Anak dan Remaja itu, bertanya kepada para orang tua anak-anak usia pra-sekolah berapa sering mereka membawa anak-anaknya bermain di luar rumah bulan lalu.

Halaman123
Editor: fitriadi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas