Senin, 31 Agustus 2015

Vettel Tanpa Perlawanan, Tim Lotus Hebat

Minggu, 22 April 2012 22:20

Vettel Tanpa Perlawanan, Tim Lotus Hebat
Sumber : afp | Author : Karim Jaafar
Sebastian Vettel.

Penampilan juara dunia 2010 dan 2011 ini mirip seperti ketika Nico Rosber memenangkan F1 China yang start dari posisi terdepan. Begitu juga dengan Vettel yang dilepas dari baris terdepan dan menyentuh garis finish dengan total wakti 1 jam 35 menit 10,990 detik. Dan kemenangan ini langsung mendongkrak posisinya dalam klasemen sementara dari urutan  kelima menjadi pertama setelah mengantongi 53 angka.

Keberhasilan Vettel ini mengisyaratkan Red Bull bakal mendominasi rangkaian balap ke depannya. Sayang, kehebatan Vettel tidak diikuti rekan setimnya Mark Webber yang saat start dari urutan ketiga kurang berani selepas tikungan pertama, sehingga posisinya mundur satu tingkat jadi keempat sampai finish.

Strategi yang dijalankan tim Red Bull pada Vettel juga tepat.  Ketika start pebalap Jerman itu dimodalkan ban kompon lunak dan pitstop (PS) pertama ganti medium, dilanjutkan soft (PS II) dan terakhir medium. Taktik ini juga diterapkan pada Webber, hanya ia kalah agresif dengan duo pebalap Lotus.

Lotus hebat
Dalam balapan menempuh 57 lap ini, tim Lotus patut diacungi jempol. Terutama Kimi Raikkonen yang start dari urutan ke-11 ia bisa finish urutan kedua. Performa mobil sangat menunjang, sehingga penampilan mantan juara dunia 2007 ini begitu agresif. Buktinya, ketika start ia dapat melalui lima mobil di tikungan pertama. Alonso jadi korban pertama Kimi yang kemudian diikuti Mark Webber dan sampai lap ke20 ia sudah berada di urutan ketiga di belakang Vettel dan rekannya Romain Grosjean.

Pada lap 24 giliran Grosjean disikatnya dan menduduki  urutan kedua. Taktik pitstop yang dijalankan sudah pas. Saat PS II ia pakai ban medium dan dapat menempel Vettel pada lap 30 yang pakai kompon lunak. Anehnya, saat Vettel masuk pit lap 34, Kimi seharusnya terus melaju dan bisa memimpin lomba untuk beberapa lap sebelum masuk. Namun, ia mengambil langkah mengikuti Vettel dan harus puas finish kedua.

"Hasil kedua ini cukup bagus buat saya dan tim. Saya coba mengejar Sebastian, tapi mobilnya cukup kencang. Dengan kedua ini saya sudah senang," ungkap Kimi.

Mobil Lotus betul-betul kencang di balapan ini juga tampak  pebalap keduanya, Grosjean. Ia start dari ketiga dan bisa mempertahankan posisinya, meski sempat kedua sebelum disikat Kimi.  Ia menjadi rookie kedua tahun ini yang berhasil naik podium setelah sebelumnya Sergio Perez di Malaysia.

Halaman12
Editor: ismed
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas