Sabtu, 29 November 2014
Bangka Pos

Ayo! Nikmati Terapi Lumba-lumba

Minggu, 29 April 2012 09:19 WIB

Ayo! Nikmati Terapi Lumba-lumba
kompas
Terapi lumba-lumba di Sendang Sikucing, Kendal, Jawa Tengah.

BANGKAPOS.COM, KENDAL - Datang saja ke Obyek Wisata Wersut Seguni Indonesia (WSI) di pantai Cahaya Desa Sedang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kendal Jawa Tengah, kalau Anda bingung menentukan liburan di akhir pekan ini. Dari Kendal, jaraknya hanya sekitar 20 kilometer. Sedang jarak Kendal - Semarang, kalau Anda datang dari Semarang sekitar 30 kilometer.

Di tempat wisata ini, selain bisa menikmati pemandangan laut dengan matahari tenggelam atau terbitnya, Anda juga bisa menyewa perahu dayung untuk menikmati indahnya air laut, sambil memancing. Tidak cuma itu, di Sendang Sikucing ini, juga ada permainan lumba-lumba. Lumba-lumba ini juga bisa untuk terapi penderita autis, stroke, dan gangguan kehamilan. Sebab sudah ada beberapa pengunjung yang membuktikannya.

Di obyek wisata Pantai Cahaya ada 13 ekor lumba-lumba. Tiga lumba-lumba, dua betina dan satu lagi jantan, digunakan untuk terapi kesehatan. Sedang lainnya untuk hiburan dengan cara atraksi. Terapi dengan menggunakan lumba-lumba ini diyakini baru ada di tiga tempat, yakni Jakarta, Bali, dan Kendal.

Untuk melindungi privasi pasien, hanya pasien tersebut yang diperbolehkan masuk ke kolam lumba-lumba. Untuk terapi menggunakan lumba-lumba ini, tidaklah rumit. Pasien diajak bermain-main dengan lumba-lumba terlebih dahulu. Setelah akrab dan pasien merasa nyaman, lalu pasien diberi pijatan atau ciuman lumba-lumba di badan atau tubuh lainnya. Hal ini dilakukan selama kurang lebih satu jam.

Pasien yang melakukan terapi, biasanya merasakan ada perubahan, setelah diterapi dengan lumba-lumba hingga tujuh kali. Khusus untuk terapi wanita hamil muda yang sering mual, muntah, susah makan, kepala pusing dan susah tidur, ada empat langkah yang harus dilakukan. Pertama wanita yang sedang hamil masuk ke dalam kolam yang sudah berisi lumba-lumba. Di kolam renang itu wanita hamil diajak bermain dengan lumba-lumba agar tubuh dan pikirannya menjadi rilek dan segar. Setelah beberapa saat bermain dengan lumba-lumba, terapi selanjutnya dimulai dari kaki. Pasalnya kaki merupakan pusat syarat untuk memperbaiki pencernaan.

Selain bisa menikmati pemandangan laut dan terapi lumba-lumba, di Sendang Sikucing juga ada kebun binatang mini dan kolam renang untuk keluarga. Nah, kenapa tidak datang saja ke Sendang Sikucing.(*)

Editor: emil
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas