• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Bangka Pos

Kantor Bahasa akan Menyusun Kamus Bahasa Daerah Babel

Selasa, 12 Juni 2012 21:22 WIB
Laporan Wartawan Bangka Pos, Ichsan Mokoginta Dasin

BANGKAPOS.COM
, BANGKA -- Tergerusnya bahasa daerah dari akar budayanya, membuat Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung, Umar Solikhan prihatin.

Keprihatinan Umar disampaikan saat melakukan diskusi dengan bangkapos.com, Selasa (12/6/2012) di ruang kerjanya.

"Kita sangat prihatin dengan kondisi ini. Oleh sebab itu, kita akan menyusun kamus bahasa daerah Babel," ujarnya.

Untuk kepentingan tersebut, lanjut Umar, pihaknya saat ini sedang melakukaan pemetaan guna menginventarisir bahasa daerah yang punah.

"Di lapangan nanti kita akan melibatkan pihak konsultan. Dalam hal ini budayawan lokal. Atau bisa saja nanti konsultannya dari pihak media, khususnya Bangka Pos, yang sejauh kita ketahui memiliki tenaga atau SDM yang bisa diandalkan di bidang budaya daerah," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Umar, upaya penyusunan kamus bahasa daerah ini, selain bertujuan menyelamatkan bahasa daerah dari kepunahan, juga dalam rangka melestarikan sastra daerah.

"Inilah salah satu tugas besar dari Kantor Bahasa, yakni menyelamatkan bahasa daerah dan sastranya agar tak punah," imbuhnya.

Umar mengatakan, kerja besar tersebut bukan saja tak memiliki kendala. Menurut dia, kendala yang terbesar ada di personel.

"Tugas ini sungguh berat dan memerlukan tenaga yang profesional. Sementara di Kantor Bahasa Babel saat ini, personelnya sangat terbatas. Karena itu mudah-mudahan dalam penerimaan CPNS nanti, kantor kita mendapatkan formasi yang lebih banyak," harap Umar.
Penulis: ichsan
Editor: suhendri
Sumber: bangkapos.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
113441 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas