• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Bangka Pos

Si Kembar Siswa SMP Juara OSN

Selasa, 19 Juni 2012 12:12 WIB
Si Kembar Siswa SMP Juara OSN
bangkapos.com/rusmiadi
Ilham Akbar dan Nugrah Abil Akbar, kembaran dari SMPN 2 Manggar, yang mewakili Babel di OSN SMP tingkat nasional. Senin (18/6/2012)
Laporan wartawan Bangka Pos, Rusmiadi
BANGKAPOS.COM
, BELITUNG  -- Ilham Akbar dan Nugrah Abil Akbar dua saudara kembar dari pasangan Bastra Nurjaya dengan Surita, menjadi kebanggan daerah Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Mereka meraih juara olimpiade sains nasional (OSN), jenjang sekolah menengah pertama (SMP) tingkat Provinsi Bangka Belitung tahun 2012, bersama dengan dua siswa lainnya, Dendy Pratama dari SMP 1 Manggar, Erih Yuliani dari SMP 2 Kelapa Kampit.

Ilham yang duduk dikelas VIII A ini meraih juara untuk mata pelajaran Matematika, sedangkan Nugrah yang duduk dikelas VIII B menduduki juara mata pelajaran Fisikan. Dendy Pratama untuk mata pelajaran Biologi dan Erih Yuliani untuk mata pelajaran IPS.

Empat siswa SMP dari Beltim ini berhasil menyapu bersih juara OSN tingkat provinsi, maju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Bangka Belitung yang berlangsung di di Pontianak, Kalimantan Barat pada 28 Juni hingga 4 Juli mendatang.

Keberhasilan 'si kembar' meraih juara OSN ditingkat provinsi dan maju ditingkat nasional, tak lepas dari keseriusan mereka dalam belajar disekolah maupun di rumah.

Dalam kesehariannya putra ke tiga dan keempat dari pasangan Bastra dengan Surita ini terlihat akrab, dengan paras wajah yang hampir mirip. Setiap malam selalu ada waktu untuk mereka belajar dirumah, paling sedikit dua jam.

"Kalau di rumah belajar sendiri, kalau disekolah sama guru. Kalau di rumah, umak (ibu) kamek rajin nyuroh kamek belajar, jadi kamek belajar terus kalau di rumah, paling ndak dua jam belajarnye," ungkap Nugrah kepada bangkapos.com, saat berada di kantor bupati Beltim, Senin (18/6/2012).

Sehabis pulang dari sekolah, mereka berdua meluangkan waktunya dengan nonton televisi atau bermain. Namun pada malam harinya mereka belajar bersama.

Bagi Nugrah pelajaran fisika sangat menarik, karena selain ada hitungannya, juga lebih dominan dalam pengembangan nalar. Sehingga lebih mudah memahami pelajaran fisika.
"Kalau belajar fisika lebih suka pake nalar, ada juga hitung-hitungannya," tutur Nugrah.
Penulis: rusmiadi
Editor: emil
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas