Rabu, 26 November 2014
Bangka Pos

Olahraga di Bulan Puasa

Selasa, 7 Agustus 2012 14:20 WIB

Olahraga di Bulan Puasa
hiphura.com
Ilustrasi
"Karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kami ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat fisiknya lagi dapat dipercaya." (QS Al Qashas: 26).

BANGKAPOS.COM
- Apakah orang yang berpuasa boleh tetap melakukan olahraga? Jika pertanyaan ini diajukan kepada Sofiane Feghouli, salah satu pemain Muslim di klub sepak bola asal Spanyol, Valencia, tentu dia akan menjawab, "Puasa jalan, olahraga juga tetap jalan."

Bagi sebagian orang, puasa menjadi alasan untuk absen berolahraga. Kondisi tubuh yang lemas dan takut dehidrasi menjadi beberapa alasannya. Padahal, jika kita tahu trik-triknya, berolahraga papda bulan puasa bisa tetap dilakukan.

Sebelumnya, mari kita simak sedikit dilema yang dihadapi para atlet Muslim yang berpartisipasi di Olimpiade 2012, London. Seperti yang kita ketahui, olimpiade kali ini diadakan bertepatan dengan puasa Ramadhan. Alhasil, sekitar 3.500 atlet Muslim yang berjuang di London menghadapi dilema antara tetap berpuasa atau tidak.

Olimpiade

Seperti warta Kompas.com, sebenarnya banyak negara Islam yang memberi atlet-atlet mereka dispensasi khusus untuk menunda puasa selama Olimpiade. Maklum, hal ini bertujuan membantu mereka tetap menjaga stamina dan kekuatan selama bertanding. Namun, ternyata banyak juga atlet yang tetap menegaskan komitmen mereka untuk tetap berpuasa.

Salah satunya adalah tim sepak bola putra Maroko yang berikrar tetap berpuasa selama Olimpiade. Padahal, pelatih mereka asal Belanda, Pim Verbeek, meminta anak asuhannya untuk tak berpuasa dulu.

"Kami harus berpuasa karena ini adalah kewajiban dan saya pikir Tuhan akan membantu kami pada hari-hari pertandingan," ujar kiper Maroko, Yassine Bounou.

Hal serupa pun tampak pada cabang olahraga judo. Salah satunya dilakukan oleh pejudo Uni Emirat Arab, Hamid Alderei, yang hanya berlatih setelah berbuka puasa. Bagaimana dengan atlet Indonesia?

Mengingat waktu puasa di Inggris cukup lama, yaitu nyaris mencapai 18 jam, beberapa atlet terpaksa tak berpuasa. Salah satunya adalah atlet ganda campuran cabang bulu tangkis, Tantowi Ahmad dan atlet panahan Ika Yuliana Rochmawati.

Nah, itu bagi mereka yang berjuang membela negara di ajang olahraga. Lalu, bagaimana dengan kita? Apakah melupakan olahraga selama bulan puasa? Agar badan tetap segar, sebaiknya kita tetap menyempatkan diri berolahraga di bulan puasa. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi frekuensi olahraga dan memilih jenis olahraga yang tepat. Selamat berolahraga. (INO)

 
Sumber : Kompas Cetak
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas