• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Bangka Pos

Madu Perepat Asli dan Berkualitas

Kamis, 30 Agustus 2012 08:32 WIB
Madu Perepat Asli dan Berkualitas
maskevet.com
Ilustrasi
Laporan Wartawan Bangka Pos, Edhie

BANGKAPOS.COM, MEMBALONG
- Khasiat madu sudah terkenal sejak dulu untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, banyaknya madu yang sudah tidak asli diperjualbelikan di pasaran membuat masyarakat takut mengonsumsinya.

Tapi Anda tak usah khawatir, Basrin dan Supriyadi bisa menjamin keaslian madu yang didapatnya. Dua warga Desa Perepat Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung ini mengungkapkan madu yang dihasilkannya murni tanpa campuran apapun.

"Kalau punya kita, silakan coba tanpa campuran," kata Basrin kepada bangkapos.com, Rabu (29/8/2012).

Madu Perepat terbilang istimewa. Selain mengambil madu yang terbentuk sendirinya, Basrin dan Supriyadi juga membuatkan sarang madu sendiri.

"Caranya mudah. Kita tinggal cari dahan pohon yang dekat dengan sumber bunga. Kemudian, dibentuk menyilang dahannya. Lalu, ditinggalkan selama dua minggu hingga tiga bulan. Semua tergantung dengan musim bunganya. Kalau sudah siap, diambil dengan asap (muar--red)," jelas Basrin.

Biasanya, madu yang dihasilkan merupakan madu manis. Madu-madu ini diperdagangkan kepada masyarakat setempat atau pembeli yang sudah menjadi langganan ke Tanjungpandan dan sekitarnya.

"Kalau bunga pohon Gelam, Samak, Ubar dan Nudong itu madu manis. Kalau bunga Pelawan pahit," kata Basrin.

Soal harga, madu yang dijual Basrin dan Supriyadi cukup terjangkau. Keduanya lebih mementingkan kualitas yang sangat terjamin.

"Kalau dari kita aman. Kita jual untuk botol biasa ukuran 500-700 mililiter seharga Rp 50.000. Kalau mau beli mesti pesan dulu," kata Supriyadi.

Warga setempat meyakini mitos soal madu Perepat. Pengumpul madu yang membuat sarang tidak bisa mengambil madu yang bukan miliknya.

"Kalau diambil dan dijual, pembelinya bisa sakit perut berkepanjangan. Makanya, kalau mau membeli minta penjualnya mencicipi terlebih dahulu," imbuh Supriyadi.


Mau Pesan Madu Perepat?
Hubungi : 081949223685 (Duasan)
Penulis: ediyusmanto
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas