Sabtu, 7 Maret 2015

Bolehkah Anak Minum Susu Fermentasi?

Jumat, 31 Agustus 2012 14:10 WIB

Bolehkah Anak Minum Susu Fermentasi?
shutterstock
Ilustrasi

Menurut Jimmy Hariantono PhD, ahli mikrobiologi dari PT Yakult Indonesia Persada, minuman probiotik boleh saja diberikan kepada anak-anak untuk menambah sistem imunnya. Minuman ini juga dapat dikonsumsi sesekali sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI) untuk anak umur 6 bulan ke atas.

Meski sebagai makanan pendamping, Jimmy mengingatkan agar minuman ini tidak menggantikan fungsi utama ASI. Rasa minuman probiotik yang enak bisa jadi mengalahkan rasa ASI bila diberikan kepada anak secara teratur.

Pendapat yang hampir sama diungkapkan dokter spsesialis anak dari Brawijaya Women & Children Hospital, dr Atilla Dewanti, Sp.A.  Menurutnya, anak usia 6-24 bulan boleh saja minum minuman probiotik meskipun bukan sebagai MPASI.

Minuman probiotik, kata Atilla, boleh diminum bayi sebagai tambahan apabila mereka sedang terserang penyakit diare. Dosis paling baik untuk diberikan kepada bayi yang sedang diare adalah setengah hingga satu takaran dalam sehari.

Anjuran Atilla diperkuat oleh sebuah riset para ilmuwan yang menemukan manfaat bakteri baik ini pada anak-anak, yakni mengurangi lamanya penyakit diare dan mencegah diare akibat penggunaan antibiotik. Riset yang dimuat dalam laporan American Academy of Pediatrics ini menemukan, anak yang diberi probiotik sejak awal menderita diare akibat infeksi virus memang sembuh lebih cepat.

Probiotik juga bisa mencegah diare pada anak-anak yang minum antibiotik. Akan tetapi, anak-anak yang menderita penyakit gangguan kekebalan tubuh atau memakai kateter tidak disarankan mengonsumsi probiotik karena bisa menimbulkan infeksi serius.

Dr.Tod Cooperman, peneliti yang melakukan studi mengenai probiotik menyatakan, yang perlu diperhatikan adalah probiotik baru akan memberikan manfaat jika dikonsumsi dalam keadaan hidup.

Halaman12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas