Gamawan: Jika Jokowi Dihalangi, Saya Turun Tangan

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan akan turun tangan jika Joko Widodo dihalangi untuk mundur dari jabatannya sebagai Walikota Solo.

Gamawan: Jika Jokowi Dihalangi, Saya Turun Tangan
Tribun Medan/DEDY SINUHAJI
Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi berbincang dengan Plt Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho dalam acara seremoi peresmian gedung baru paripurna DPRD Sumut di Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (9/7/2012). Kedatangan Mendagri meresmikan gedung paripurna DPRD Sumut tersebut disambut dengan aksi demonstrasi oleh buruh dan ratusan warga Deliserdang perihal masalah tanah yang tak kunjung usai. Tribun Medan/Dedy Sinuhaji
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan akan turun tangan jika Joko Widodo dihalangi untuk mundur dari jabatannya sebagai Walikota Solo.

"Saya kira DPRD Solo setuju (Jokowi mundur), kalau tidak saya akan turun tangan, seperti halnya di Garut, di sana kemendagri juga turun ke DPRD," kata Gamawan Fauzi di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Gamawan mengatakan Jokowi memiliki hak untuk mundur dari jabatannya karena telah diatur oleh Undang-undang. Gamawan menjelaskan saat Jokowi mencalonkan diri, ia harus memberitahu atasannya yakni Gubernur Jawa Tengah.

"Oleh karena itu persyaratan dari pencalonan, ketika dia mencalonkan, dia harus memberitahu kapada atasannya, katakanlah gubernur, kalau gubernur sudah melepas, artinya itu sudah setuju kalau dilepas kalau berhasil, saya kira DPRD Solo setuju," imbuhnya.

Mengenai hasi pilkada, Gamawan mengatakan pihaknya tidak menilai dari penghitungan cepat. "Yang resmi yang dihitung secara manual, kita menghormati setelah KPU mengumumlan hasilnya," katanya.

Ia juga mengaku belum mengucapkan selamat kepada Jokowi terkait kemenangannya di Pilkada DKI Jakarta. "Belum kan nanti setelah hasil resminya ke luar, itukan baru quick count," ujarnya.

Editor: suhendri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved