• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Bangka Pos

Diet untuk Gula Darah Tinggi

Kamis, 27 September 2012 16:54 WIB
Diet untuk Gula Darah Tinggi
shutterstock
Ilustrasi
BANGKAPOS.COM - Bagi pengidap diabetes, menjaga kadar gula dalam darah adalah keharusan. Kuncinya dengan menjaga pola makan atau diet.

Salah satu diet yang dapat mengurangi gejala diabetes tipe-2 adalah diet pritikin. Apakah benar, diet ini dapat menurunkan kadar gula darah hanya dalam waktu tiga minggu?

Diet pritikin adalah pola makan yang menyantap makanan rendah lemak, atau bahkan tidak berlemak sama sekali. Tetapi jangan sampai menyamakan diet ini dengan vegetarian, karena asupan ikan masih dilegalkan.

Di tiga hari pertama menerapkan diet ini, perut serasa tidak nyaman. Tetapi selanjutnya, perut akan kembali normal. Terbukti dalam waktu seminggu, kadar gula darah bisa turun hingga 7 persen, dan menyusutkan berat badan hinngga 4,5 kg. Untuk hasil yang lebih maksimal, berolahragalah dengan cukup dan teratur, minimal tiga kali dalam seminggu.

Panduan utama:
* Kunyahlah sayur dan buah sebanyak-banyaknya. Tetapi kita harus membatasi menikmati jus, satu cangkir setiap hari. Sebab, kandungan gulanya dapat meningkatkan gula dalam darah.
* Asupan ikan lebih baik ketimbang daging merah. Porsi yang disarankan sebesar telapak tangan. Asupan lain yang dapat menjadi pilihan adalah sumber protein lain seperti kacang-kacangan.
* Rutin berolahraga. Olahraga satu jam sehari, membantu mengurangi kadar insulin. Jika dilakukan secara rutin, minimal tiga kali seminggu, dapat menjaga insulin dalam keadaan normal.

(Prevention Indonesia Online/Siagian Priska)
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
144134 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas