Minggu, 21 Desember 2014
Bangka Pos

KPK Bidik Korupsi Minerba

Kamis, 4 Oktober 2012 21:11 WIB

KPK Bidik Korupsi Minerba
images.bangkapos.com
Ilustrasi
Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Budhi Hartono

BANGKAPOS.COM, SAMARINDA
- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mengkaji tindak pidana korupsi di sektor mineral dan batubara dan kehutanan.

"Kini salah satu fokus pemberantasan korupsi yang sedang didalami khusus bidang energi," ungkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Kamis (4/10/2012) sore.

Sektor mineral dan batu bara menjadi salah satu cluster ketahanan energi yang menjadi pendapatan negara. Tidak menutup kemungkinan sektor tersebut, ditengarai adanya dugaan praktik korupsi.

"Kami sekarang sedang melakukan kajian. Dalam kajian itu, kami bekerjasama dengan Dirjen Minerba. Dan sekarang sedang melihat bisnis prosesnya," kata Bambang, usai menjadi pembicara pamungkas acara Lokakarya Jurnalis Antikorupsi, di Hotel Mesra Internasinal, Samarinda.

Dalam kajian itu, KPK belum memberikan signal adanya perusahaan-perusahaan yang diduga merugikan keuangan negara di sektor mineral dan batu bara khususnya di wilayah Kaltim.

"Dan sejauh ini, kami belum berani menyebut. Karena kalau dalam proses penyelidikan dan pengaduan masyarakat, maka itu prosesnya sedang pulbangket (pengumpulan bahan keterangan)," papar Bambang.
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas