Sabtu, 22 November 2014
Bangka Pos

Cha-Ching, Program Prudential buat Anak

Sabtu, 20 Oktober 2012 03:25 WIB

Cha-Ching, Program Prudential buat Anak
tribunnews.com
Acara peluncuran program baru PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Salah satu perusahaan asuransi jiwa, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali meluncurkan program baru, Jumat (19/10/2012), di Hotel Mulia, Jakarta.

Program itu bernama Cha-Ching Money-Smart Kids. Cha-Ching merupakan inisiasi sosial dalam bentuk edukasi finansial bagi anak.

Program yang dapat diakses di www.cha-ching.co.id ini merupakan pengenalan keuangan pertama di Asia untuk anak-anak usia 7 sampai 12 tahun.

"Kami sejak 2008 mengadakan beberapa program "melek keuangan". Audiensnya berbeda, ada untuk perempuan, laki-laki, menengah ke bawah, ke atas, mahasiswa, pelajar SMP sampai SMA. Tetapi belum ada pendidikan keuangan untuk anak 7 sampai 12 tahun," ujar Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing and Communications Director PT Prudential Life Assurance perihal asal muasal pembuatan Cha-Ching.

Cha-Ching memiliki empat konsep pengaturan keuangan pada anak-anak, yaitu memperoleh (earn), menyimpan (save), membelanjakan (spend), dan menyumbangkan (donate) disertai karakter lucu dan menarik Bobby, Charity, Justin, Prudence, Zul, dan Pepper.

"Prudential Indonesia berkomitmen terhadap pengembangan edukasi di Indonesia, terutama anak-anak," tambah William Kuan, President Director Prudential Indonesia.

Prudential Indonesia, lanjut William, melihat bahwa anak-anak memiliki kebutuhan yang cukup besar guna pengaturan keuangan. Hal ini didasari bahwa hampir seluruh anak-anak mempunyai uang jajan reguler, tetapi hanya mengerti cara berbelanja (spend) saja.

Dengan program ini, Prudential mengharapkan anak-anak dapat mengembangkan pengetahuannya dalam mengatur keuangan.

Salah seorang anak yang baru saja mencoba Cha-Ching adalah Reyhan, siswa kelas 6. Ia merasa tertarik dengan situs tersebut. Karena selain memberikan informasi, situs didesain menarik, warna-warni, dan dilengkapi dengan game. Dari situ lah, ia tambah mengerti tentang menabung.

"Aku nabung sudah lama. Kalau nabung di celengan udah jarang, soalnya sekarang langsung nabung ke bank," ucap Reyhan kepada Tribun.

Kebiasaannya menabung ini ditularkan dari orangtua. Reyhan mengaku saat perayaan hari raya Idul Fitri dan tahun baru Imlek kebanjiran salam tempel.

"Kalau Lebaran dan Sincia (Imlek), aku dapat uang, itu bisa sampai Rp 900 ribu, semuanya ditabung."

Cha-Ching merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Prudential Indonesia dalam inisiatif "Satu Juta Hati untuk Satu Juta Mimpi".

Melalui inisiatif ini, Prudential bermaksud melibatkan satu juta karyawannya berkontribusi memberikan manfaat sosial kepada satu juta orang, pada akhir 2014. Inisiatif tersebut berjalan dalam bidang pendidikan, pelestarian lingkungan, serta bencana alam.

Editor: emil
Sumber: Tribunnews

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas