• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Bangka Pos

Ibu Hamil Mau Nyaman Saat Berkendara?

Senin, 29 Oktober 2012 14:30 WIB
Ibu Hamil Mau Nyaman Saat Berkendara?
SHUTTERSTOCK
Pastikan bumil beristirahat setiap 90 menit berkendara untuk melancarkan peredaran darah.
BANGKAPOS.COM - Jika kondisi kehamilan baik menurut dokter kandungan, ibu hamil boleh saja melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan roda empat (sebagai penumpang). Meski begitu, ibu hamil perlu memerhatikan sejumlah hal saat berkendara karena pada kondisi fisik ibu hamil mengalami perubahan.

Duduk di mobil selama perjalanan jarak jauh membuat kaki terasa pegal atau kesemutan, apalagi bagi bumil. Agar bumil tetap nyaman selama bepergian, lakukan persiapan yang baik dan perbanyak istirahat dalam perjalanan di kendaraan roda empat.

Persiapan sederhana dimulai saat masih di rumah, dengan memastikan semua kebutuhan ini tak tertinggal oleh bumil. Yakni:
* Satu botol air minum.
* Camilan sehat.
* Alat pemutar musik.
* Bantal leher supaya bumil bisa tidur lebih nyaman.
* Sandal jepit atau kaus kaki.
* Tisu basah.
* Buku catatan dan pena.

Selama perjalanan, jika isi kepala penuh dengan berbagai hal yang tiba-tiba saja muncul di pikiran, tuangkan dalam sebuah buku catatan. Manfaatkan energi ini untuk membuat daftar tugas atau menuliskan ide atau sesuatu yang bumil sukai. Bumil juga bisa menggunakan gadget yang praktis dan tidak merepotkan serta memungkinkan dibawa dalam perjalanan.

Selama perjalanan, lancarkan peredaran darah dengan lebih banyak beristirahat setiap 90 menit berkendara. Bumil juga perlu memanfaatkan waktu istirahat ini untuk buang air kecil, karena umumnya bumil lebih sering buang air kecil.

Saat beristirahat di rest area, lakukan jalan kaki di sekitar area atau lakukan peregangan sederhana.

Gunakan pakaian juga alas kaki yang nyaman. Untuk alas kaki misalnya, pilih yang mudah dilepas di mobil dan Anda bisa telanjang kaki. Ambil posisi senyaman mungkin di tempat duduk dalam kendaraan, dengan sabuk pengaman terpasang baik.

Lakukan olahraga ringan di dalam mobil. Jika memungkinkan, luruskan kaki dengan posisi tumit di bawah. Lalu secara perlahan sentuh ujung kaki untuk meregangkan otot betis. Gerakan ini melancarkan peredaran darah. Lalu putar pergelangan kaki dan goyangkan jari kaki.

Pastikan bumil minum secara rutin berkala, untuk menghindari dehidrasi dan mengurangi risiko penggumpalan darah di kaki.


Sumber: BABYCENTER
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
194334 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas