• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Bangka Pos

FPT Minta Evaluasi Even Pariwisata

Selasa, 11 Desember 2012 10:28 WIB
Laporan Wartawan Bangka Pos Wahyu K

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -
Pelaksanaan even pariwisata Belitung Timur (Beltim) sepanjang 2012 mulai mendapat sorotan sejumlah pihak. Di antara yang menjadi sorotan yakni Sail Morotai, Festival Barongsai, dan Tour de Belitung.

Sorotan terhadap tiga even tersebut disampaikan oleh Fraksi Pelangi Timur (FPT) dalam rapat paripurna pemandangan umum fraksi terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Beltim Tahun Anggaran 2013, Senin (10/12/2012) pagi di ruang sidang DPRD Kabupaten Beltim. Pemandangan umum FPT itu dibacakan oleh anggotanya Eka Budiartha.

"Evaluasi kegiatan pariwisata seperti Sail Morotai, Festival Barongsai, Tour de Belitung. Apa tolak ukur terhadap kemajuan pariwisata, berapa pertambahan kunjungan wisata. Berapa PDRB dari sector perhotelan dan jasa pada tahun 2011 dan 2012," kata Eka di hadapan rapat paipurna.

Pelaksanaan even pariwisata 2012 juga mendapat sorotan dari Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Fakta Ade Kelana. Ia mengatakan, pelaksanaan even pariwisata harus memiliki dampak yang jelas terhadap masyarakat. Selain itu hasil evaluasi dari setiap kegiatan juga harus disampaikan kepada masyarakat.

Salah satu yang menjadi perhatian ade adalah pelaksanaan even Tour d'Belitung di Beltim, Sabtu (8/12/2012). Menurut Ade, pemkab tak seharusnya mengeluarkan uang untuk menyambut even tersebut. Sebab Tour d'Belitung diselenggarakan oleh pihak lain dan tak menyertakan nama Beltim dalam setiap atribut kegiatannya.

"Tidak ada satu pun umbul-umbul yang terpasang di Manggar yang menunjukkan indetitas Belitung Timur pada acara Tour d'Belitung, justru identitas sponsor-sponsor yang menonjol," kata Ade, Senin (10/12/201) pagi.

Pertanyaan mengenai even pariwisata ini akan dijawab secara resmi oleh Pemkab Beltim dalam sidang paripurna jawaban bupati terhadap pemandangan umum fraksi DPRD Beltim. Rapat rencananya akan digelar Selasa (11/12/2012) pukul 10:00 WIB hari ini.
Penulis: wahyu
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas