Minggu, 21 Desember 2014
Bangka Pos

Pemkab Bateng Usulkan 274 Formasi CPNS 2013

Kamis, 21 Maret 2013 21:15 WIB

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA --
Kabar gembira bagi masyarakat Bangka Tengah (Bateng) yang berminat menjadi pegawai negeri Sipil. Tahun ini, Pemkab Bateng kembali membuka kesempatan penerimaan seleksi CPNS di lingkungan Pemkab Bateng. Sejak Juni 2012 lalu, ada 274 formasi yang telah diusulkan pemkab Bateng ke Menpan dan BKN Pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bateng, Susanti mengatakan usulan itu sudah lama disampaikan. Namun, formasi apa saja yang dibutuhkan, dalam waktu dekat ada perubahan. Karena saat ini, sedang dilakukan pemetaan dan penataan struktur PNS.

"Untuk pastinya, sedang kita godok. Sebab, saat ini, kita sendiri sedang menyelesaikan penerimaan CPNS dari tenaga honorer kategori 2. Sedangkan untuk seleksi dari formasi umum masih harus dibahas dengan lebih seksama berdasarkan rumus perhitungan sesuai Permenpan 26 tahun 2011 ," kata Susanti, kepada bangkapos.com, Kamis (21/03/2013) .

Dikatakan Susanti, Formasi yang diusulkan ke Menpan dari 274, bisa saja mengalami perubahan. Pihaknya baru mendapat pengarahan dan petunjuk dari Menpan, dimana Menpan mengiginkan dan memprioritaskan jabatan yang sifatnya dapat menumbuhkan lapangan kerja dan mengentaskan kemiskinan. Sedangkan untuk guru, yakni Guru-guru produktif khususnya di SMK seperti Tata Boga, perhotelan.

"Untuk jabatan fungsional tertentu sepertinya kita sudah lumayan cukup, Kalau jabatan untuk menumbuhkan lapangan kerja, mengentaskan kemiskinan sudah terisi seperti penyuluh pertanian," ungkapnya.

Adanya rencana perubahan formasi, Susanti mengatakan hal itu tentunya tidak akan merubah jumlah yang diusulkan.

"Formasi yang tidak lulus pasingrade sebanyak 18 orang tahun lalu. Akan kembali kita masukkan tahun ini. Beberapa formasi jabatan juga akan diubah lagi. Kita akan undang para  SKPD untuk kembali membahas, mana saja formasi yang sangat prioritas," ucapnya.

Dijelaskannya, berdasarkan Permenpan 26 tahun 2011 perhitungan jumlah kebutuhan PNS untuk daerah dengan syarat sudah ada analisis jabatan, analisis beban kerja, peta jabatan, redistribusi pegawai, peta jabatan dan bezeeting pegawai.

"Syarat lainnya, belanja pegawai masih dibawah 40 persen dibandingkan belanja publik 60 persen ini paling penting, sebab bila belanja pegawai lebih besar dari belanja publik maka tidak bisa melakukan rekruitmen," jelasnya.
Penulis: zulkodri
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas