Sabtu, 22 November 2014
Bangka Pos

Selama Sakit, Doktor Kardio Metabolik Dampingi Gubernur Babel

Minggu, 7 April 2013 17:57 WIB

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA --
Staf ahli Gubernur Babel Eko Maulana Ali sekaligus dokter pendamping yakni Dr dr Libriansyah SpPD MM FINASIM merupakan doktor bidang kardio metabolik.

Dialah yang selama ini mendampingi Eko selama dirawat oleh tim medis Jogja International (JIH) Yogyakarta.
Hal itu diakui Kepala Diskominfo Babel Tajuddin kepada bangkapos.com, Minggu (7/4/2013).

"Dr Libriansyah ditugaskan khusus sebagai dokter pendamping Pak Eko. Proses pemulihan seperti yang dijalani Pak Eko saat ini, menurut doktor bidang cardio metabolik itu, memang membutuhkan tahapan dan proses observasi yang relatif panjang," jelas Tajuddin.

Hanya saja, Tajuddin tidak menjelaskan secara persis jenis penyakit yang diderita gubernur sehingga membutuhkan penanganan dokter spesialis kardio metabolik.

Informasi yang diperoleh bangkapos.com, kardio metabolik berhubungan dengan jaringan lemak, hipertensi, dislipidemia, dan disgli kemia (glukosa darah). Semuanya menjadi faktor risiko sekaligus prognostik pada kejadian (outcome) gagal jantung.

Status kardio-metabolik yang buruk memiliki peran sangat penting pada patogenesis penyakit jantung koroner, hipertensi, lalu gagal jantung.

Kondisi gagal ginjal juga sangat terkait dengan risiko kardio vaskuler. Ada peningkatan dialisis dan transplantasi ginjal pada pasien yang memiliki penyakit kardiovaskuler.

Memang, berbagai organ saling terkait melalui hubungan vaskularisasi. Adanya kegagalan pada pompa jantung akan mengurangi aliran darah ke organ target dan menyebabkan iskemia berbagai jaringan, termasuk ginjal.

Muncullah penyakit ginjal kronis, dapat sebagai komplikasi vaskuler dan retinopati akibat hipertensi maupun diabetes.
Penulis: alza
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas