Senin, 24 November 2014
Bangka Pos

Kasat Lantas Belitung Blusukan ke Sopir Angkot

Selasa, 9 April 2013 19:39 WIB

Laporan Wartawan Bangka Pos, Al Adhi Setyanto

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -
Kasat Lantas Polres Belitung AKP Jecson R Hutapea melakukan sosialisasi keselamatan kepada para sopir angkutan umum, Selasa (9/4/2013) pagi. Cara baru dalam melakukan sosialisasi digunakan Jecson untuk mendekati para sopir yang sedang mangkal di warung kopi (warkop) yang berlokasi di Pasar Tanjungpandan.

Jecson mengadopsi metode Jokowi yang terkenal dengan 'blusukannya' dalam bersentuhan secara langsung dengan masyarakat. Jecson yang datang tanpa pemberitahuan dan hanya didampingi ajudannya sontak membuat para sopir angkutan umum ini sedikit terkejut.

"Sedikit meniru gaya Jokowi, program ini dimaksudkan untuk mencari tahu  permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan dan mencari solusinya. Kami dari Sat Lantas Polres Belitung, ingin bertemu langsung dengan bapak-bapak sopir angkutan umum," ungkap Jecson kepada bangkapos.com, Selasa (9/4/2013) usai blusukan.

Jecson mengatakan, peran para sopir sangat penting dalam keselamatan berlalulintas. Pasalnya setiap harinya profesi ini membawa penumpang dengan jumlah cukup banyak. Sehingga keselamatan para penumpang ini banyak tergantung di tangan sopir.

Para sopir ini diimbau agar menjaga kondisi tubuhnya sebelum melaksanakan pekerjaannya, tidak menkonsumsi obat-obatan maupun meminum minuman keras serta mengecek kondisi kendaraan dan kelengkapan berkendara. Termasuk mempersiapkan surat-surat kendaraan.

"Hal ini kami rasakan sangat penting, karena mereka ini sehari-harinya membawa penumpang yang banyak, dengan kata lain keselamatan penumpang ada di tangan pak sopir. Kami mengarahkan kepada para sopir, agar sebelum berkendara memastikan kondisi fisik fit, tidak sakit. Jangan sampai dipaksakan mengemudi kalau lagi tidak enak badan," sebut Jecson.

Sopir-sopir angkuta umum yang jumlahnya mencapai belasan orang ini terlihat menyambut baik gaya Jecson dalam menyampaikan imbauannya ini. Mereka berharap komunikasi ini kedepan selalu dibina.

"Kedepan kami juga merencanakan akan blusukan ke desa-desa, menemui kelompok-kelompok masyarakat, pelajar dan seluruh lapisan masyarakat dalam menyampaikan sosialisasi ini," ujar Jecson.
Penulis: aladhi
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas