Senin, 2 Maret 2015

Gara-gara Narkoba, Napi LP Tanjung Gusta Bentrok

Jumat, 26 April 2013 20:24 WIB

Gara-gara Narkoba, Napi LP Tanjung Gusta Bentrok
Kompas.com
Akibat bentrok antarnarapidana di Lapas Tanjung Gusta Medan, 17 napi dipindahkan.

BANGKAPOS.COM, MEDAN — Sebanyak 17 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tanjung Gusta, Medan, dipindahkan ke tempat Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di Sumatera Utara. Pemindahan itu menyusul terjadinya bentrok antarnapi pada Jumat (26/4/2013) pagi tadi.

"Supaya tidak terjadi bentrok susulan, 17 orang kita pindahkan ke UPT di jajaran Kemhuk dan HAM Sumut," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemhuk dan HAM Wilayah I Sumut, Amran Silalahi, Jumat (26/4/2013).

Para napi tersebut dalam keadaan diborgol diangkut menumpangi tiga mobil pengangkut tahanan dan disebar ke empat wilayah seperti Lapas Pematangsiantar, Tebingtinggi, Binjai, dan Lubukpakam.

Menurut Amran, bentrok antarnapi dipicu pemukulan terhadap napi bernama A Siong terkait utang piutang. Rekan sekamar A Siong menanyakan alasan pemukulan itu hingga berbuntut pemukulan berikutnya. Akibat bentrokan tersebut, napi bernama Suprianto terluka di pelipis dan Murdianto terluka tikaman di punggungnya.

Keributan antara dua kelompok ini terjadi di lapangan lapas. Meski sempat diamankan sipir kapas, keributan kembali terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Akibatnya, seorang napi bernama Cemy alias Alexander mengalami luka parah di bagian kepala. Dia langsung dibawa ke RS Bina Kasih.

"Setelah penusukan, sebenarnya sudah ada penyelesaian, tetapi Alexander memanaskan masalah ini lagi. Dia tidak termasuk dalam dua kelompok ini," kata Amran lagi.

Dia mengakui, ada benda tajam yang digunakan dalam bentrok tersebut, tetapi membantah napi menggunakan belati. "Kasus ini masih diselidiki polisi," singkatnya.

Halaman12
Editor: edwardi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas