• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Bangka Pos
Home » Lokal » Bangka

Ikuti Ajang Kontes Robot, Polman Babel Terbentur Dana

Rabu, 5 Juni 2013 16:25 WIB
Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA --
Polman Negeri Bangka Belitung (Babel) kembali mengikuti ajang kontes robot tingkat nasional di Semarang, yang akan dilaksanakan selama dua hari, mulai 8-10 Juni.
Sebelumnya, di ajang kontes robot tingkat regional yang dilaksanakan di STEMIK Teknokrat Bandar Lampung beberapa waktu lalu, tim robot Polman hanya berhasil meraih juara harapan. Padahal, tahun-tahun sebelumnya tim robot Polman saat masih dinaungi PT Timah Tbk berhasil 'merajai' kontes robot tingkat regional Sumatera, bahkan berjaya di tingkat kontes robot nasional.

Pembantu direktur Polman Babel Bidang Kemahasiswaan Harwadi mengatakan, tahun ini untuk kontes robot terbentur dana. Sebelumnya untuk pendanaan ini sudah diajukan kepada pemerintah namun ditolak.

"Tahun ini kita terbatas anggarannya. Kami kerja keras betul tim robotnya tahun ini. Kami sudah mengusulkan lewat perencanaan penganggarannya tetapi ditolak. Saat memberangkatkan ini (Tim Robot Polman-red) 'berdarah-darah'. Kami mengajukan ke pemerintah untuk kegiatan kemahasiswaan agar diizinkan, cuma karena ada perubahan aturan, dari anggaran itu tidak diizinkan jadi kami tidak bisa nyantol kesitu. Jadi begitulah dana simsalabim," ungkap Hawardi, Selasa (5/6/2013) di Novilla Boutique Resort.

Hawardi menjelaskan, untuk memberangkatkan tim robot Polman sebanyak 18 orang ditambah biaya cargo dan sebagainya pihaknya menggunakan dana swadaya dan bantuan JICA dari Jepang.

"Justru yang menarik Polman itu di dukung JICA, kita memperoleh bantuan dana senilai Rp 100 juta dan itulah buat tim robot bersemangat. Nanti dari JICA juga Bapak Tadao Yamano akan ikut," jelas Hawardi.

Sedangkan untuk persiapan ke tingkat nasional Tim Robot Polman sudah menyiapkan robot otomatis dan robot manual. Dimana Polman menyiapkan dua tim yakni pada ajang kontes robot nasional semua peserta harus bisa menampilkan Robot Roqisoh yang membawakan seni tari Hanoman Duta. Sedangkan untuk tingkat Kontes Robot Indonesia dengan nama Pledeng (melempar).

"Robot otomatis dengan manual ini saling kerjasama. Temanya itu green planet yakni ke arah pelestarian lingkungan. Nanti ada semacam bibit-bibit kemudian di tanam," kata Hawardi.

Kendati terbentur dana, Tim Robot Polman diakuinya tetap optimis. Oleh karena itu, dia berharap adanya dukungan dari masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung karena Polman juga membawa nama daerah sehingga masyarakat dari daerah lain bahwa Babel tidak tertinggal dalam bidang teknologi.
Penulis: nurhayati
Editor: asmadi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
505024 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas