BangkaPos/

KPU Harus Transparan dan Profesional

Ketua KPU Babel Fahrurrozi mengingat KPU Kabupaten Bangka untuk profesional dalam

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Ketua KPU Babel Fahrurrozi mengingat KPU Kabupaten Bangka untuk profesional dalam penyelenggara Pilkada Kabupaten Bangka.  Selain itu bersikap adil, mandiri dan bebas dari intervensi untuk membangun kepercayaan masyarakat.

"KPU bisa memposisikan diri sebagai lembaga yang terpercaya. Apabila penyelenggara pemilu bisa dipercaya masyarakat bisa meningkat partisipasinya," jelas Fahrurrozi, Rabu (5/6/2013) ketika menjadi pembicara saat Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Pada Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Bangka di Novilla Boutique Resort Sungailiat.

Siapa yang terpilih pada pilkada ini menurutnya hak masyarakat.  Kendati ada anggapan cabup/cawabup belum memenuhi kriteria masyarakat tetapi bisa melayani masyarakat.

"Kalau tolak ukurnya pemimpin terpercaya sulit mengukurnya karena terpilih juga belum, maka masyarakat harus bisa memberikan kriteria tersendiri, paling tidak yang berkomitmen untuk menjadi pelayan masyarakat," ungkap mantan jurnalis ini.

Untuk mewujudkan kedaulatan rakyat ini diakuinya menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat baik penyelenggara pemilukada, tokoh masyarakat, pemerintah, hingga pers.

"Ada istilah masyarakat dak kawa nyusah, sape nek terpileh terserah, mane kenek nya, ape agik ade yang dari Belinyu nyo nek kato nyo lah. Ini tidak boleh terjadi. Makanya yang paling efektif teman-teman di media massa maka akses kepada penyelenggara pemilu tidak boleh ditutup," tegas Fahrurrozi.

Sebaliknya penyelenggara pemilu juga tidak boleh menutup diri dan membuka akses seluasnya dalam rangka transparansi.

"Titiknya adalah transparansi dan profesional," pesan Fahrurrozi.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help