Senin, 24 November 2014
Bangka Pos
Home » Iptek

Ada Air di Benda Langit Bernama Dione

Selasa, 11 Juni 2013 14:05 WIB

Ada Air di Benda Langit Bernama Dione
NASA
Janiculus Dorsa
BANGKAPOS.COM - Benda langit yang merupakan salah satu bulan dari planet Saturnus mungkin memiliki air di lautan bawah permukaannya. Ilmuwan menduga berdasarkan observasi wahana antariksa Cassini.

Dione memiliki guunung yang bernama Janiculus Dorsa. Citra hasil bidikan wahana antariksa Cassini menunjukkan adanya kerutan hampir 0,48 km di bawah gunung, menunjukkan bahwa Dione punya lautan bawah laut saat gunung itu terbentuk.

"Lengkungan kerak di bawah Janiculum Dorsa menunjukkan bahwa kerak es itu sebelumnya hangat dan cara terbaik memiliki panas adalah bila Dione mempunyai lautan di bawah permukaan saat bukit itu terbentuk," kata Noah Hammond dari Brown University, pimpinan riset ini, seperti dikutip Popular Science, Senin (10/6/2013).

Lautan di bawah permukaan diduga eksis di beberapa benda langit di Tata Surya, termasuk bulan Saturnus, Enceladus dan Titan. Sementara, bulan Jupiter, Europa, memiliki laut di permukaan maupun bawah permukaan.

"Mungkin dunia dengan air di dluar sana lebih banyak dari yang diduga," kata Bonnie Borati, pimpinan ilmuwan program Cassini dari Jet Propulsion Laboratory, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Cassini mengeksplorasi Saturnus sejak tahun 2004, mendeteksi aliran oartikel dari Dione dengan instrumen magnetometernya. Hasil penelitian pada Dione ini dipublikasikan di jurnal Icarus. Air juga bahkan diduga ada di Ceres dan Pluto.
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas