Polisi Siaga, Massa Khofifah Paksa Masuk Kantor KPU Jatim

Di tengah digelarnya rapat pleno penetapan cagub-cawagub Jatim di Kantor KPU Jatim, Minggu (14/7/2013), massa pro Khofifah mendadak

Polisi Siaga, Massa Khofifah Paksa Masuk Kantor KPU Jatim
KOMPAS.com/Achmad Faizal
Massa perempuan pendukung Khofifah-Herman gelar istigosah di depan kantor KPU Jatim.

BANGKAPOS.COM, SURABAYA - Di tengah digelarnya rapat pleno penetapan cagub-cawagub Jatim di Kantor KPU Jatim, Minggu (14/7/2013), massa pro Khofifah mendadak berupaya masuk ke kantor KPU. Untungnya, barisan polisi berhasil menghadang mereka.

Massa tidak berhasil menerobos barisan polisi yang membawa perlengkapan anti huru hara dan memenuhi satu sisi Jalan Raya Tenggilis Surabaya. ''Kami di sini bukan untuk berbuat anarkis, kami hanya ingin bersilaturahim dengan anggota KPU dan meminta mereka memasukkan pasangan Khofifah-Herman sebagai pasangan cagub-cawagub Jatim,'' kata orator aksi, Syamsul Arifin.

Aksi tegang itu sempat memancing perhatian sejumlah pejabat polisi. Beberapa saat kemudian, Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono, dan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Setija Junianta pun turun ke lokasi untuk memantau langsung.

Hingga laporan ini dikirim, belum ada tanda-tanda KPU Jatim akan menginformasikan hasil plenonya kepada wartawan. Yang pasti, jika hingga pukul 24.00 WIB, belum ada hasil, maka akan dilakukan voting untuk menentukan pasangan Khoffiah-Herman akan lolos menjadi pasangan cagub Jatim atau tidak.

Alotnya penentuan pasangan Khofifah-Herman untuk maju dalam Pilgub Jatim menyusul ditemukannya dukungan ganda dua partai non parkemen yakni PPNUI dan PK. Selain kepada Khofifah-Herman, dua partai itu juga memberikan kepada pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Bagi pasangan Khofifah-Herman, dukungan dua partai gurem itu sangat penting, karena tanpa dukungan itu, syarat minimal dukungan partai sebanyak 15 persen tidak akan dimiliki.

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved