Jumat, 28 November 2014
Bangka Pos

5 Resep Alami yang Bikin Rumah Wangi

Minggu, 4 Agustus 2013 23:59 WIB

5 Resep Alami yang Bikin Rumah Wangi
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM - Demi kesehatan, ada baiknya Anda menghindari penggunaan pewangi ruangan yang berasal dari bahan kimia karena masih banyak cara menciptakan kenyamanan ruangan dengan pewangi dari bahan-bahan alami.

Secara umum, Anda hanya perlu menambahkan air dan memanaskan campuran wewangian alami tersebut. Berikut ini adalah lima resep wewangian alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah:
 
Jeruk, kayu manis, dan cengkeh

Selain memiliki wangi menyenangkan, perpaduan antara jeruk, kayu manis, dan cengkeh memiliki keharuman tahan lama. Panaskan kembali untuk mempertahankan keharuman wewangian ini selama beberapa hari.

Anda juga dapat membuat wewangian dari jeruk utuh dan cengkeh dengan cara menusuk-nusuk cengkeh pada jeruk. Agar tampak cantik, Anda dapat membuat pola garis lurus pada jeruk dengan cengkeh tersebut. Biarkan wewangian jeruk dan cengkeh ini menyebar ke seluruh ruangan Anda, terutama di ruang tamu dan dapur.

Tidak semua orang tahan dengan pengharum artifisial seperti pengharum ruangan, lilin, parfum, atau sabun. Padahal, menurut parah ahli, wewangian tidak hanya memberikan kesan tersendiri pada ruangan.

Lemon, daun rosemary, dan ekstrak vanila

Anda bisa menebarkan wangi kombinasi antara lemon, daun rosemary, dan vanila. Aroma wewangian ini terasa sangat menyegarkan untuk suasana hari raya yang penuh keakraban.

Jeruk limau, daun Thyme, dan ekstrak vanila

Wewangian ini juga mampu menyajikan wewangian menyenangkan. Anda dapat menambahkan ekstrak mint untuk memberikan efek lebih segar pada wewangian ini.

Jeruk, jahe (segar atau bubuk), dan ekstrak almond

Perpaduan antara jeruk, jahe, dan ekstrak almond memberikan wangi yang manis dan harum segar bagi ruangan Anda. Di ruang tamu atau ruang makan, wewangian ini sangat menyegarkan.

Ranting pinus atau cedar, daun salam, dan pala

Semua bahan-bahan ini memberikan wewangian yang kompleks. Jangan lupa memarut pala sebelum menaruh seluruh pala ke campuran wewangian. Cara ini akan mengeluarkan wangi pala yang lebih kuat.

Tertarik mencoba?

Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas