• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Bangka Pos

Calon Menantu Sultan Diwisuda Jadi Abdi Dalem

Selasa, 13 Agustus 2013 00:12 WIB
Calon Menantu Sultan Diwisuda Jadi Abdi Dalem
TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anum (KGPAA) Paku Alam IX, kembali resmi ditetapkan oleh anggota DPRD DIY menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode tahun 2012 - 2017.

BANGKAPOS.COM, YOGYAKARTA - Calon menantu Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengkubuwono X, Angger Wibowo diwisuda menjadi abdi dalem keraton, dan memperoleh gelar serta nama Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro.

Calon suami dari putri keempat Sultan, GRAj Nurabra Juwita itu, diwisuda oleh Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Hadiwinoto atas nama Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Bangsal Kasatriyan Yogyakarta, Senin (12/8/2013).

Wisuda juga dilakukan kepada GRAJ Nurabra Juwita, sebagai calon pengantin yang menyandang gelar dan nama Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu.

Pengageng Tepas Dworopuro Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, KRT Jatiningrat mengatakan, telah menjadi tradisi dan budaya keraton setelah putri Sultan menerima lamaran calon pengantin pria, sebelum dinikahkan calon pengantin pria diwisuda terlebih dulu menjadi abdi dalem dan mendapatkan nama serta gelar baru.

"Kedua nama dan gelar baru bagi kedua calon mempelai keraton, yakni KPH Notonegoro dan GKR Hayu itu masing-masing mempunyai sejarah panjang dan penuh arti dan disesuaikan dengan kondisi riil saat ini," katanya.

Menurut dia, setelah prosesi wisuda bagi kedua calon mempelai selanjutnya akan dilakukan prosesi nyantri pada 20 Oktober 2013, siraman (21/10/2013), akad nikah, panggih, kirab, dan resepsi pernikahan (22/10/2013). "Akad nikah dilaksanakan di Masjid Panepen Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kirab dimulai dari keraton menuju Kepatihan, dan resepsi pernikahan diselenggarakan di Bangsal Kepatihan," katanya.

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
590414 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas