Inilah Alasan Tak Terduga Penyebab Susah Tidur

Stres disebut-sebut sebagai penyebab utama mengapa orang sulit tidur. Tetapi sebenarnya ada hal-hal yang tampaknya sepele yang bisa

Inilah Alasan Tak Terduga Penyebab Susah Tidur
shutterstock
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM - Stres disebut-sebut sebagai penyebab utama mengapa orang sulit tidur. Tetapi sebenarnya ada hal-hal yang tampaknya sepele yang bisa membuat kita terjaga hingga larut malam dan sulit memejamkan mata.

Berikut adalah penyebab tak terduga yang bisa membuat kita sulit tidur.

1. Tidur telat di akhir pekan
Akhir pekan sering kita manfaatkan untuk "balas dendam" dengan bangun siang atau tidur kelewat malam. Namun para ahli mengatakan kebiasaan tersebut dapat mengacaukan ritme biologi sehingga menyebabkan tubuh seperti melampaui zona waktu. Akibatnya, di hari senin kita seperti mengalami "jet lag".

2. Bulan purnama
Siklus bulan ternyata ikut berpengaruh pada pola tidur. Dalam sebuah penelitian berskala kecil, para peneliti menemukan saat bulan purnama seseorang tidur lebih sebentar dan kurang nyenyak dibanding biasanya.

3. Suhu terlalu dingin atau panas
Suhu ruangan yang terlalu dingin atau pun terlalu panas tentu membuat kita sulit tidur.

4. Terlalu tenang
Memang tak mungkin kita tidur dalam suasana bising. Tetapi ruangan yang terlalu tenang dapat membuat suara sekecil apapun akan mengganggu.

5. Takut gelap
Walau Anda tak mau mengakuinya, tetapi sebenarnya cukup banyak orang yang takut gelap. Dalam pertemuan para ahli tidur tahun 2012 disebutkan, orang yang sering mengalami insomnia merasakan lebih cemas dan terganggu suara-suara dari lingkungan ketika lampu kamar dimatikan. Hal tersebut tak terjadi pada mereka yang pola tidurnya bagus.

6. Makan daging saat makan malam
Bukan cuma kafein yang bisa membuat mata sulit terpejam, mengonsumsi makanan berlemak, pedas, dan juga berprotein tinggi ternyata bisa menghalangi datangnya kantuk di malam hari. Makanan sumber protein akan membuat tubuh mengeluarkan energi lebih besar untuk mencernanya. AKibatnya, kita juga jadi sulit tertidur.

7. Terlalu lelah
Ada perbedaan besar antara kelelahan dan mengantuk. Dalam kondisi lelah, tubuh sebenarnya masih dalam kewaspadaan tinggi, baik itu karena stres fisik atau mental. Karena itulah terlalu cepat naik ke tempat tidur bukan ide yang baik. Lebih baik tenangkan diri dulu dengan kegiatan yang membuat rileks.

8. Berbagi tempat tidur
Banyak orang yang tidak dapat tidur sendiri. Tetapi berbagi tempat tidur, baik dengan hewan kesayangan, boneka, atau pasangan, dapat membuat kita butuh waktu lebih lama untuk terpejam.

Tags
Kesehatan
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved