Kementerian PAN-RB Antisipasi Modus Penerimaan CPNS

Menjelang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 1 September 2013 nanti Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi

Kementerian PAN-RB Antisipasi Modus Penerimaan CPNS
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengerjakan soal di Jakarta International Expo (Ji Expo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2012). Sebanyak 3.352 peserta ikut tes CPNS Kemenlu yang memperebutkan 120 kursi.

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Menjelang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 1 September 2013 nanti Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) terus mempersiapkan diri.

Sejumlah persiapan tersebut mencakup persiapan seluruh perangkat yang diperlukan termasuk menjamin keamanan penggunaan sistem komputer atau Computer Assisted Test (CAT) dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 ini.

“Panitia Seleksi Nasional Pengadaan(Panselnas) CPNS telah menjalin kerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang membantu proses pengamanan sistem teknologinya. Lemsaneg akan melindungi supaya soal-soal pada sistem CAT tidak bocor. Dijamin 100 persen aman,” kata Sekretaris Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto seperti dikutip Tribunnews.com dari laman Setkab, Rabu (21/8/2013).

Tasdik mengakui, saat ini beragam macam cara ditempuh masyarakat untuk diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mulai dari menyogok hingga puluhan juta, sampai mencuri data soal yang sudah disiapkan dalam rangka penerimaan Calon PNS.

Oknum-oknum yang bertindak sebagai penyedia jasa demi kelolosan CPNS tersebut tidak jarang berasal dari orang dalam sendiri. Mereka menjanjikan CPNS itu akan lolos ujian dengan tentunya mengharapkan keuntungan.

Untuk mengatasi keadaan itulah, menurut Tasdik, pemerintah menciptakan sebuah sistem yang bisa memutus mata rantai transaksi illegal, yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu.

“Pemerintah yakin, test CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 ini dapat menghindari terjadinya praktek-praktek tidak terpuji itu,” ujar Tasdik.

Sementara itu, Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja mengingatkan kepada masyarakat agar tidak terbujuk rayuan dengan iming-iming atau janji seseorang yang menyatakan bisa meluluskan dalam tes CPNS, dengan membayar sejumlah uang saja.

“Tim Panselnas sudah berupaya semaksimal mungkin agar tes dilakukan dengan fair, bebas KKN, dan dapat menghasilkan CPNS yang berkualitas,” kata Setiawan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya melalui surat bernomor B-2432/M.PAN.RB/7/2013 tertanggal 29 Juli 2013, Menteri PANRB Azwar Abubakar mengharapkan seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem CAT dimaksud.

Menurut Azwar, untuk pelaksanaan test CPNS dari jalur umum tahun 2013 ini masih menggunakan sistem kombinasi, yakni lembar jawaban komputer (LJK) dan CAT. “Namun kami berharap agar kementerian, lembaga serta pemerintah daerah yang sudah siap dapat menerapkan sistem CAT,” pinta Azwar.

Menteri PAN-RB menegaskan, penerapan sistem CAT akan menjamin pelaksanaan seleksi CPNS yang kompetitif, obyektif, transparan dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta tidak dipungut biaya.

Dari hasil Rakor Pengadaan CPNS Tahun 2013 yang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta pada 18 Juli 2013 lalu, kata Menteri PAN-RB, telah disepakati bahwa pelaksanaan seleksi CPNS dari pelamar umum tahun 2013 dilakukan secara kombinasi, yakni dapat dengan sistem CAT atau dengan sistem LJK.

Saat ini sudah ada 19 instansi yang berencana menerapkan CAT. Hal ini merupakan langkah yang menggembirakan, dan patut diikuti instansi lain. Apalagi penerapan sistem CAT itu sendiri sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih saat ini seluruh instansi pemerintah sudah menggunakan computer, serta menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dengan kondisi seperti itu, secara teknis tidak akan sulit

Tags
CPNS
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved