Pria Lebih Rentan Terkena Kanker Kulit

Sebuah laporan menunjukan jumlah pria yang meninggal akibat kanker kulit jauh lebih banyak daripada wanita yang meninggal akibat kanker yang sama.

Pria Lebih Rentan Terkena Kanker Kulit
Setelah warna kemerahan hilang, kerusakan yang timbul akibat terbakar matahari masih tetap ada.

BANGKAPOS.COM - Sebuah laporan menunjukan jumlah pria yang meninggal akibat kanker kulit jauh lebih banyak daripada wanita yang meninggal akibat kanker yang sama.

Pusat Riset Kanker di Inggris mengatakan setiap tahunnya, jenis kanker kulit yang paling serius yaitu melanoma ganas membunuh 1.300 pria dan 900 wanita.

Kesenjangan angka ini diperkirakan akan melebar.

Salah satu alasannya bisa jadi karena laki-laki menunda mencari bantuan, tetapi faktor biologi juga dapat berperan.

Profesor Julia Newton Bishop, seorang peneliti di pusat kanker tersebut, memperkirakan perempuan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat.

Ia mengatakan: "Penelitian menunjukkan perbedaan korban antara kedua jenis kelamin, bisa karena laki-laki mungkin didiagnosis ketika melanoma berada pada tahap lanjut."

"Tapi ada juga tampaknya yang menjadi alasan biologis yang kuat, dan kami sedang meneliti untuk lebih memahami mengapa tubuh pria dan wanita berurusan dengan melanoma dengan cara yang berbeda."

Kekhawatiran lain yang timbul adalah karena diagnosis cenderung terlambat pada pria.

Kanker pada pria juga lebih sering berkembang di wilayah punggung daripada lengan dan kaki. Hal ini membuat mereka lebih sulit untuk memeriksa.

"Meminta pasangan untuk memeriksa punggung anda adalah ide yang baik," kata Newton-Bishop.

Halaman
12
Tags
Kesehatan
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help