Minggu, 21 Desember 2014
Bangka Pos

Belajar di Universitas Ciputra Entrepneurship Online Gratis

Kamis, 22 Agustus 2013 16:26 WIB

Laporan wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Direktur Grup Ciputra, Antonius Tanan mengatakan, belajar di UCEO tidak dipungut biaya alias gratis.

“Hingga saat ini telah mencapai hampir 4000 peserta yang mendaftar melalui http://ciputra-uceo.com untuk mengenyam pendidikan entrepreneurship online Ciputra Way ini,” jelas Antonius kepada bangkapos.com, Kamis (22/8/2013).

Ditambahkannya, melengkapi keterangan data animo masyarakat Indonesia akan massive online course pertama di Indonesia ini, program pembelajaran tidak dipungut biaya dan jika telah menyelesaikan secara keseluruhan materi dan mengikuti ujian akhir peserta akan mendapat sertifikat yang dapat diajukan kepada penyelenggara.

"Dengan program ini, diharapkan entrepreneurship akan semaking menyebar luas dari Sabang sampai Merauke dan menjadi jalan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia yang lebih baik," harap Antonius seraya menyebutkan, UCEO resmi diluncurkan Sabtu, (24/8/2013) mendatang.

Berikut pembahasan dalam 7 Minggu tersebut meliputi :

• Minggu 1
Secara garis besar tema Week 1 adalah Konsepsi IPE (Integrity, Professsionalsm & Entrepreneurship) sebagai dasar menciptakan usaha dan membesarkan usaha. Selanjutnya adalah tentang Market Sensitivity yang berdasarkan hasrat (passion), visi (vision) dan wawasan.

• Minggu 2
Secara garis besar tema Week 2 adalah Opportunity Identification dan dalam week 2 ini akan dibahas ragam cara melakukan identifikasi peluang dan yang paling tinggi adalah Opportunity Creation.

• Minggu 3
Secara garis besar tema Week 3 adalah tentang Creativity & Innovation. Orang yang kreatif dan berinovasi mampu mendapatkan kesan karena dapat menemukan “insight” atau “inspiration” yang tak dilihat orang lain.

• Minggu 4
Tema utama Week 4 adalah Calculated Risk Taking yang di dalamnya dibahas tentang pentingnya melakukan leveraging dan feasibility study. Seorang entrepreneur berusaha meminimalkan risiko untuk meraih yang maksimal.

• Minggu 5
Tema utama Week 5 adalah tentang Entrepreneurial & Ethical leadership. Seorang entrepreneur adalah seorang pemimpin yang berjiwa entrepreneurial dan bertindak dengan integritas (ethical).

• Minggu 6
Tema utama Week 6 adalah Attitude to Failure atau Risk Propensity. Seorang entrepreneur tidak takut gagal karena menganggap gagal dan berhasil sama nilainya.

• Minggu 7
Tema utama Week 7 adalah tentang Determination. Ini sebuah ciri khas pak Ciputra sebagai seorang entrepreneur yg inovatif dan mampu melipat gandakan.

Setiap Sabtu pagi, materi kuliah akan diunggah oleh tim UCEO berupa materi multimedia, video dan testimony yang berdurasi sekitar 10 hingga 15 menit, dilengkapi dengan ada kuis dalam bentuk pilihan berganda dan di setiap akhir akan ada tugas yang bervariasi dari minggu ke minggu. Sehingga membantu peserta memperoleh pemahaman yang bisa diaplikasikan saat menjadi seorang entrepreneur. Prototype program yang mirip seperti ini telah sukses dilaksanakan dengan Buruh Migran Indonesia (BMI), dimana BMI dapat menerima materi kuliah secara online dari Hongkong dengan waktu yang fleksibel.

Penulis: khamelia
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas