Dini Hari Nanti, Bulan, Yupiter dan Mars Membentuk Segitiga Lho

Akhir-akhir ini, langit di sejumlah daerah mulai cerah seiring berkurangnya pembentukan awan dan hujan.

Dini Hari Nanti, Bulan, Yupiter dan Mars Membentuk Segitiga Lho
Stellarium
Bulan, Jupiter, dan Mars membentuk segitiga pada Senin (2/9/2013) dini hari nanti.

BANGKAPOS.COM — Akhir-akhir ini, langit di sejumlah daerah mulai cerah seiring berkurangnya pembentukan awan dan hujan. Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk pengamatan astronomi ataupun melatih kemampuan astrofotografi.

Salah satu kesempatan baik adalah Senin (2/9/2013) dini hari nanti. Bulan, Yupiter, dan Mars akan membentuk bangun segitiga bila dilihat dari Bumi.

Ketiga benda langit tersebut akan membentuk segitiga, lebih kurang mulai pukul 04.00 WIB dini hari nanti. Bulan, Yupiter, dan Mars akan tampak di langit timur. Yupiter akan tampak dengan magnitudo -1,61 sementara Mars 1,84. Dengan magnitudo itu, keduanya bisa tampak dengan mata telanjang.

Dilihat dari sudut pandang manusia di Bumi, ketiga benda langit itu tampak berdekatan dini hari nanti. Namun, sebenarnya jarak ketiganya tetap jauh.

Bulan, Yupiter, dan Mars tampak dekat karena revolusinya mengelilingi Matahari yang kadang membuatnya tampak dekat, bersanding, segaris, atau membentuk bangun tertentu. Minggu (1/9/2013) dini hari, Bulan bersanding dengan Planet Yupiter.

Untuk mengabadikan ketiganya, kamera DSLR bisa digunakan. Namun, bila tak memilikinya, kamera smartphone dengan kapasitas 8 MP pun bisa dipakai.

Mars dan Yupiter adalah dunia yang kini terus diselidiki. Wahana antariksa Curiosity terus mencari bukti-bukti adanya kehidupan dan lingkungan yang mendukungnya di Mars. Sementara itu, atmosfer dan permukaan Yupiter beserta bulannya kini sedang menjadi target riset.

Bulan juga tak kalah menarik perhatian. China baru-baru ini merencanakan pengiriman misi tanpa awak ke permukaan Bulan.

Dini hari nanti mungkin Anda cuma bisa mengamati ketiga benda langit itu. Suatu hari nanti, bukan tidak mungkin Anda atau generasi setelah Anda menjejakkan kaki di permukaannya, kecuali untuk Yupiter yang merupakan planet gas sehingga manusia takkan mungkin mendarat.

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help