Perubahan Nama Jalan Medan Merdeka Ide Jokowi

Gubernur DKI Joko Widodo mengakui dirinya adalah pihak yang pertama mengusulkan nama Jalan

Perubahan Nama Jalan Medan Merdeka Ide Jokowi
tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta Jako Widodo atau akrab disapa Jokowi makin populer.

BANGKAPOS.COM, JAKARTA — Gubernur DKI Joko Widodo mengakui dirinya adalah pihak yang pertama mengusulkan nama Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Merdeka Selatan diubah menjadi Jalan Soekarno dan Jalan Hatta. Alasannya? Dia ingin jasa kedua tokoh itu dikenang.

"Ini saya ngomong apa adanya. Saya yang ngusulin Bung Karno jadi nama jalan," ujarnya kepada wartawan di Balaikota, Jakarta, Senin (3/9/2013).

"Kan kalau di sini (Jalan Medan Merdeka Utara) menjadi Bung Karno, di sini (Jalan Medan Merdeka Selatan) jadi Bung Hatta, kan jadinya sangat pas," lanjutnya.

Usulan nama tersebut, lanjut Jokowi, bukanlah lantaran Bung Karno merupakan bapak dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, tetapi sebagai tanda penghargaan bagi jasa dua tokoh proklamator tersebut.

Sementara itu, soal penamaan Jalan Soeharto sebagai pengganti Jalan Medan Merdeka Barat, Jokowi mengakui bahwa masih ada perdebatan di masyarakat. "Artinya responsnya di masyarakat bagaimana, kita melihat itunya," lanjut Jokowi.

Jokowi mengaku beruntung, usulannya tersebut direspons positif oleh Panitia 17 yang terdiri dari sejumlah pejabat tinggi negara serta sejarawan.

Ia berharap, Panitia 17 yang dianggotai sejarawan Anhar Gonggong, mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, Ketua DPD RI Irman Gusman, politisi Partai Gerindra Permadi, pengusaha Mooryati Soedibyo, dan lainnya itu segera menyerahkan usulan perubahan nama jalan kepada Presiden agar disahkan.

"Yang memutuskan Presiden. Makanya usul kita ini harus segera biar segera diputuskan," ujarnya.

Tags
jokowi
Editor: edwardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help