Jero Wacik Ajak Jokowi Ubah Sampah Jadi Listrik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik membocorkan rencana kerja sama

Jero Wacik Ajak Jokowi Ubah Sampah Jadi Listrik
TRIBUN/DANY PERMANA
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik membocorkan rencana kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS) di tempat pembuangan akhir (TPA) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Ini sedikit bocoran saja, di Jakarta itu 50 ton sampah setiap harinya. Tadinya itu persoalan, tapi kita akan ubah jadi peluang," ujar Jero saat penandatanganan nota kesepahaman konversi BBM ke BBG di Jakarta, Kamis (5/9/2013).

Jero enggan membeberkan lebih lanjut rencana tersebut. Namun, Jero memastikan rencana itu telah melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, beberapa waktu yang lalu soal instalasi tersebut.

"Kita sudah komunikasi dengan gubernur, bulan depan kita groundbreaking, pembangkit listrik tenaga sampah di Pulogebang (Cakung, Jakarta Timur)," lanjut Jero Wacik.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi membenarkan telah melaksanakan kerjasama antara Pemprov DKI, dalam hal ini Dinas Kebersihan DKI dengan Kementerian ESDM. Namun, Jokowi juga enggan membeberkan rencana itu lebih lanjut. "Ini baru proses awal, wong masih kalkulasi, penghitungan. Jangan ditanyakan dulu," tambahnya.  

Tags
jokowi
Editor: edwardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved