Bambang: Nilai Karakter Bangsa Dijiwai Melalui Kecintaannya Kepada NKRI

Bangsa Indonesia memerlukan terobosan yang mampu menyatukan emosi kebangsaan yang menjadi emosi kolektif

Laporan Wartawan Bangka Pos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bangsa Indonesia memerlukan terobosan yang mampu menyatukan emosi kebangsaan yang menjadi emosi kolektif dalam meweujudkan ketahanan nasional.

"Salahsatu wujud nyata ketahanan nasional memiliki jiwa bela negara dan cinta Tanah Air," kata Koordinator Daerah Kementerian Pertahanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Kolonel Inf Bambang Sulistiyantoro, saat ditemui bangkapos.com, Selasa (17/9/2013) di LPMP Babel di Pangkalpinang.

Menurut Bambang, nilai karakter bangsa Indonesia dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945, khususnya pada generasi penerus.

“Ini menjadi penting karena generasi penerus merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan," ujarnya.

Perwira Melati tiga ini juga menjelaskan, salahsatu upaya meningkatkan nilai-nilai karakter bangsa saat ini memang sangat diperlukan.

Bambang menjelaskan, fakta nilai karakrter kebangsaan semakin luntur. Hal tersebut ditandai maraknya peristiwa yang mengindikasikan adanya sikap anomali sosial, seperti tawuran di kalangan pelajar, premanisme, sikap kurang menghargai budaya asli Indonesia.

"Semua itu mengindikasikan. Adanya pembinaan dan perhatian khusus dalam pembentukan karakter pada generasi muda," ungkap Bambang.

Dimana kata Bambang, bahwa Indonesia memang tidak bisa menghindari masuknya nilai-nilai budaya atau paham yang datang dari luar.

"Nilai-nilai tidak semuanya berdampak baik bagi Bangsa. Sehingga sudah jadi tugas bersama menangkal pengaruh burul dan meningkatkan sikap cinta tanah air dan bela negara merupakan nilai karakter bangsa," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: agusrya
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help