Nominator Mobil Terbaik Pilihan Jurnalis di IIMS 2013

Di ajang IIMS 2013 ini, Forum Wartawan Otomotif (Forwot) kembali menggelar ajang penghargaan Mobil Terbaik 2013 versi Forwot.

Nominator Mobil Terbaik  Pilihan Jurnalis di IIMS 2013
Tribunnews.com
Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memboyong mobil murahnya yakni Astra Daihatsu Ayla. Mobil tersebut pun jadi primadona di booth Daihatsu yang mengusung tema besar Daihatsu Sahabatku atau Best Friend of Life . di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2012). (Tribun Jakarta/Jeprima)

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Di ajang IIMS 2013 ini, Forum Wartawan Otomotif (Forwot) kembali menggelar ajang penghargaan Mobil Terbaik 2013 versi Forwot.

Berdasarkan data di panitia, total ada 27 tipe mobil dari berbagai merek yang menjadi nominator pemilihan kali ini. Ke-27 mobil tersebut kemudian diseleksi oleh sekitar 25 jurnalis dari berbagai media cetak harian, online dan media cetak berkala di Indonesia.

Dari ke-27 mobil tersebut, dikerucutkan menjadi 5 mobil saja yang berhak duduk di lima besar, untuk kemudian dilakukan pemilihan untuk menentukan mobil mana yang berhak menyandang predikat Car of The Year versi Forwot.

Ini 27 mobil yang masuk nominasi tersebut, Toyota Agya, Toyota Etios, Toyota Vios, Toyota NAV1, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Honda Accord, BMW M6 Gran Coupe, BMW M135i, BMW X6, Tata Aria, Tata Safari Storme, Tata Vista, Mercedes-Benz A Class,

KIA Carens, KIA Sorento, MINI Paceman, Audi A5 Sportback, Subaru XV, Mazda 6, Mazda VX-1, Suzuki Swift, Chevrolet Spin, Nissan Grand Livina, Nissan Serena, VW Tiguan, dan Range Rover.

Menurut Septian Pamungkas, Ketua Panitia, pemilihan mobil terbaik versi Forwot ini menggunakan beberapa parameter penilaian. Antara lain, mobil yang dinominasikan adalah mobil baru  yang  dipasarkan di Indonesia sejak IIMS 2012 sampai menjelang dibukanya IIMS 2013. Mobil baru tersebut adalah mobil model baru (bukan hanya facelift atau minor change).

"Setiap juri memilih lima kandidat mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan otomotif," ujar Septian kepada Tribun, akhir pekan lalu.

Aspek yang dinilai meliputi design, comfort, safety, economy, handling, performance, functionality, enviromental requirement,  driver satisfaction, and price.

"Lima kandidat mobil terbaik kemudian akan dipilih berdasarkan metode nilai atau scoring. Setiap juri memiliki 25 poin. Ke-25 poin tersebut  harus digunakan sebagai berikut; 10 point untuk kandidat mobil terbaik pilihan pertama. Sementara 15 point sisa secara variabel diberikan pada empat kandidat mobil terbaik lainnya," beber Septian.

Selanjutnya, mobil dengan nilai tertinggi akan menjadi mobil terbaik dan berhak atas award Forwot Car of the Year 2013 (FCY 2013).

Salah satu nominator penghargaan ini, Toyota Agya, merupakan program LCGC bersama Daihatsu Ayla sehingga hanya dibekali dengan mesin 1.0 liter agar efisien dan ramah lingkungan. Semua varian Agya telah dilengkapi dengan power steering dan dual airbag. Harga mulai Rp 99,9 juta. Nominator lainnya, Honda Brio Satya, juga menjadi bagian dari program LCGC dengan kapasitas mesin 1.2 liter (88hp).

Telah dilengkapi dengan rangka Bodi G-CON, Dual SRS Airbag, Pretensioner Sealtbelt with Load Limiter dan Immobilizer. Harga mulai dari Rp 106 juta.

Sementara, nominator lainnya mewakili segmen mobil premium, BMW M6 Gran Coupe adalah berasal dari keluarga BMW M6. Mobil ini mengusung seluruh karakteristik performa tinggi BMW Seri M ditambah dengan unsur mewah dan nilai estetika tinggi. Mobil ini dipersenjatai mesin V8 high-rev 4.395 cc V8 berteknologi M TwinPower Turbo bertenaga 560 hp plus transmisi 7-speed M Double Clutch dengan Drivelogic dan dipasarkan seharga Rp 2.598,000.000 off the road Jakarta.

Tata Aria, mobil baru dari brand pendatang baru dari Tata Motors India, adalah calon penantang Kijang Innova dan memiliki kapasitas 7 penumpang. Mobil ini disebut-sebut sebagai semi-crossover. Dibekali dengan mesin diesel DiCor 2.200cc turbo intercooler, mobil ini sudah dilengkapi fitur rem yang dilengkapi ABS dan EBD. Harganya Rp 250 juta.

Editor: edwardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help