Mahfud MD : Kehancuran Suatu Negara Diawali dengan Korupsi

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai kehancuran sebuah negara diawali dengan

Mahfud MD : Kehancuran Suatu Negara Diawali dengan Korupsi
BANGKA POS/RESHA JUHARI
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD

BANGKAPOS.COM, BANGKALAN - Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai kehancuran sebuah negara diawali dengan banyaknya kasus korupsi, curi jabatan dan kekuatan, serta lemahnya keadilan yang berimbas masyarakat tidak lagi percaya terhadap pemerintah. Seperti yang terjadi pada negara-negara di zaman dulu.

”Indonesia sekarang mengalami hal seperti itu. Diawali tindakan korupsi, konflik antar elite atau kalau kerajaan konflik antar pangeran dan akhirnya pecah. Jika hal itu terus terjadi di Indonesia, kehancuran negara ini akan tiba,” ungkap Mahfud MD dalam orasi ilmiahnya saat menghadiri Wisuda II Program Sarjana Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Agama Islma (STAIS) Syaichona Moh Cholil, Sabtu (28/9/2013) di Gedung Serba Guna Ratoh Ebuh, Bangkalan.

Ia menjelaskan, ketika korupsi di sebuah negara sudah akut, keadilan bagi masyarakat semakin menurun. Saat itu pula, masyarakat akan berontak dan melakukan perlawanan.

”Kenapa harus ikut pemerintah jika tidak ada keadilan. Sementara korupsi masih saja terjadi,” jelasnya.

Maka dari itu, untuk menghindari perlawanan masif dari masyarakat, birokrasi pemerintahan dan peradilan di Indonesia harus ditata kembali untuk menutup atau mempersempit potensi-potensi tindakan korupsi.

”Ini (korupsi) kan sudah parah sekali dan harus dibersihkan dengan mengurai satu persatu dengan tujuan menemukan cara penyelesaiannya,” kata Mahfud.

Tags
korupsi
Editor: edwardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved