Senin, 24 November 2014
Bangka Pos
Home » Lokal » Bangka

Ini Sanksi Perusahaan Tambang Pekerjakan Anak

Kamis, 10 Oktober 2013 21:35 WIB

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kabid Pengawasan Pertambangan Distamben Kabupaten Bangka Abdullah Sani mengatakan untuk perusahaan tambang legal anak di bawah umur dan perempuan tidak boleh memasuki kawasan tambang. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai peraturan ini.

"Ke kades sudah sosialisasikan,  tidak boleh bawa anak (kerja) ke tambang kalau ada  tambang resmi kita hentikan. Di perusahaan tambang legal anak dan ibu-ibu di larang masuk," tegas Abdullah Sani saat melakukan rapat koordinasi dengan Tim Pengajian Pekerja Anak dan Remaja Direktorat BKKBN, Kamis (10/10/2013) yang difasilitasi Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Bangka.

Namun diakuinya banyak tambang rakyat tanpa izin dimana biasanya banyak pendatang yang membawa keluarga mereka terkadang ibu dan anak ikut bekerja ditambang.

Namun bagi pendatang,  mereka tidak diperbolehkan tinggal di camp apalagi dengan membawa keluarga karena rawan terjadi gesekan.

Sementara itu baik dari pihak Bappeda, Dinsosnaker, Dinas Kesehatan dan BPPKB Kabupaten Bangka mengaku tidak memiliki data pekerja anak termasuk yang bekerja di sektor pertambangan.

Diakui Kepala BPPKB Kabupaten Bangka Nurita anak-anak di Kabupaten Bangka kebanyakan bersekolah biasanya mereka pulang sekolah baru membantu orang tuanya bekerja.

"Apalagi di daerah tambang yang banyak air menurutnya anak-anak lebih suka bermain," kata Nurita.

Penulis: nurhayati
Editor: emil
Sumber: bangkapos.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas