Senin, 2 Maret 2015

Pria Muda Ini Buat Ayunan Bayi Otomatis Berbiaya Murah

Kamis, 10 Oktober 2013 14:39 WIB

Pria Muda Ini Buat Ayunan Bayi Otomatis Berbiaya Murah
Tribunpekanbaru.com/Afrizal
Seorang tengah menunjukan ayunan bayi otomatis ciptaan mahasiswa PCR

Laporan Wartawan Trbinun Pekanbaru Afrizal

BANGKAPOS.COM, PEKANBARU - Terinspirasi ibu hamil yang akan melahirkan,  mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR),  Rahmat Mulyadi Nasution membuat ayunan otomatis sebagai tugas akhir.

Ayunan bayi itu, mampu bergerak terus-menerus secara otomatis. Berbeda dengan ayunan umum yang bergerak menyamping, Rahmat membuat gerakan maju mundur. Ayunan dibuat menggunakan rangka pipa. Rangka dirakit sendiri mulai dari landasan, hingga tiang penopang ayunan.

Fungsi otomatis, terlihat pada gerakan yang dihasilkan. Bila biasanya gerakan ayunan harus menggunakan tangan, Rahmat menggunakan Pulse Widht Modulation (PWM). Alat ini akan mengatur kecepatan ayunan yang bergerak konstan.

Kecepatan ayunan dibagi empat pilihan: pelan, cepat, di bawah pelan serta di atas cepat. Pengaturan ayunan berada pada tiga tombol yang dipasang disamping atas ayunan. Penempatan ini memudahkan orangtua mengontrol kecepatan.

Tombol pertama berwarna berwarna hijau untuk kecepatan lambat. Tombol biru kecepatan tinggi. Satu tombol putar berfungsi mengatur kecepatan yang diinginkan.

Mahasiswa Teknik Elektronika ini, membuat kecepatan menggunakan PWM. Bila menginginkan kecepatan pelan dengan tombol hijau, layar menampilkan PWM 140. Bila dipercepat dengan menekan tombol biru, PWM 200.

Halaman12
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas