Difilmkan, Keluarga Keraton Nonton Bareng Pernikahan Agung GKR Bendara

Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta Gusti Kanjeng Ratu Hemas turut menyaksikan

Difilmkan, Keluarga Keraton Nonton Bareng Pernikahan Agung GKR Bendara
TRIBUN JOGJA//HASAN SAKRI GHOZALI
GKR Bendara dan KPH Yudanegara melakukan sungkeman saat prosesi pamitan di Gedung Jene, Keraton Yogyakarta, DI Yogyakarta, Rabu (19/10/2011). Dalam petuahnya Sri Sultan hamengku Buwono X menyampaikan tentang membangun rumah tangga yang baik dilandasi dengan kejujuran.

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

BANGKAPOS.COM, YOGYA - Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta Gusti Kanjeng Ratu Hemas turut menyaksikan pemutaran perdana film dokumenter Dhaup Ageng di XXI, Kamis (17/10/2013).

Film besutan Deyna Hartanto dan Oyikk Hartawan itu menampilkan prosesi Pernikahan Agung GKR Bendara dengan KPH Yudhanegara pada 2011 lalu.

Sultan dan Ratu terlihat memilih kursi di deretan tengah agar bisa menyaksikan film itu dengan nyaman. Di sebelah kanannya, putra putri Sultan terlihat mendampingi. Keluarga Sultan yang turut hadir antara lain calon mempelai Keraton, GKR Hayu dan KPH Notonegoro juga turut menyaksikan film berdurasi sekitar 1 jam 8 menit itu. Begitu juga
dengan putri Sultan lainnya yakni GKR Condrokirono dan GKR Maduretno.

Dalam film itu, dijelaskan rangkaian prosesi adat Pernikahan Agung yang dilalui oleh para keluarga Keraton. Sejumlah penghageng keraton, para profesor dan budayawan Yogyakarta tampak memberikan penjelasan rinci setiap prosesi sesuai bidangnya masing-masing.

"Harapannya masyarakat bisa memahami setiap prosesi pernikahan Keraton. Tidak sekedar menyaksikan," ucap GKR Bendara sebelum pemutaran film dimulai.

Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved