Home »

Lokal

» Bangka

200 Warga Siap Jalani Operasi Katarak

Hingga Jumat (18/10/2013), sudah sekitar 200 calon peserta yang mendaftarkan

200 Warga Siap Jalani Operasi Katarak
bangkapos.com/fery laskari
Rudianto Tjen

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Hingga Jumat (18/10/2013), sudah sekitar 200 calon peserta yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan pelayanan operasi mata katarak gratis dari Rudi Centre.

Calon peserta itu daftar melalui Kantor DPC PDIP se Bangka-Belitung (Babel). Rudi Centre masih membuka kesempatan bagi peminat yang ingin ikut serta pada program ini tanpa dipungut biaya apapun.

Hal ini ditegaskan oleh Penasihat Rudi Centre ,yang juga anggota Komisi IX DPR RI, Rudianto Tjen di sela-sela lawatan kerjanya di Sungailiat Bangka, Jumat (18/10/2013).

"Tanggal 16, 17, 18 Desember 2013 Rudi Centre merencanakan akan mengadakan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Depati Hamzah Pangkalpinang.  Prosesnya akan kita mulai minggu depan yaitu dengan melakukan skrining bagi yang sudah mendaftar diri untuk operasi katarak gratis. Skrining akan dilakukan Tanggal 20 Oktober 2013 sampai Tanggal 29 Oktober 2013 nanti," papar Pak Rudi, sapaan akrab Rudianto Tjen.

Proses pemeriksaan awal (skrining) yang dimaksud menurut Rudi dilakukan agar operasi tepat sasaran.

"Pertama skrining, kita cek dulu apakah mata rabunnya (pendaftar) itu betul-betul katarak atau bukan? Kalau seandainya matanya benar-benar katarak, kita cek lagi apakah memang  sudah waktunya untuk diopetrasi atau belum? Istilahnya sudah tua atau belum usia kataraknya? Kalau sudah tua, maka sudah waktunya dioperasi. Tapi kalau belum, maka masih harus menunggu tahun depan baru bisa dioperasi. Kita juga cek lagi tentang tekanan darah dan gula darah. Keduanya penting karena itu syarat untuk seseorang bisa dioperasi. Kalau tekanan darah tinggi tentu saja tidak bisa diopperasi. Ini ditentukan pada waktu skrining yang dilakukan Tanggal 20 Oktober (2013) di Kota Pangkalpinang, Tanggal 21 Oktober di Koba Bangka Tengah, Tanggal 29 Oktober di Sungailiat Kabupaten Bangka, Tanggal 30 Oktober di Bangka Barat dan Tanggal 31 Oktober di Bangka Selatan. Kita cek dulu kondisi kesehatannya," kata Rudi.

Jika semua persyaratan ini lolos alias dinyatakan memenuhi syarat, maka operasi segera dilakukan.

"Kalau sudah dicek (memenuhi syarat), maka nanti pada Tanggal 16, 17, 18
Desember 2013 akan kita kumpulkan (para pendaftar se Babel yang lolos skrining) di Pangkapinang dan kita lakukan operasi di Rumah Sakit Depati Hamzah. Makanya bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri, silahkan datang waktu skrining di Kantor-Kantor DPC PDI Perjuangan (PDIP) se Babel," imbaunya.

Diakui Rudi, target operasi katarak gratis ini dikhususkan bagi 200 orang pasien. Sementara jumlah peminat yang mendaftar juga sebanyak itu, sekitar 200 orang.

"Sekarang yang terdaftar sudah sekitar 200 orang se Babel. Sedangkan target kita juga 200 orang. Tapi saat skrining kan mungkin akan banyak yang gugur karena tidak memenuhi syaat. Makanya silakan bagi yang masih mau daftar, masih dibuka di Kantor-Kantor DPC PDIP se Babel," katanya.

Penulis: ferylaskari
Editor: emil
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help