Gara-gara Penyadapan, Mentan Australia Tunda Kunjungan ke Indonesia

Menteri Pertanian Asuturalia Barnaby Joyce, Jumat (22/11/2013), memutuskan untuk menunda rencana kunjungannya ke Indonesia

Gara-gara Penyadapan, Mentan Australia Tunda Kunjungan ke Indonesia
| ABC Australia
Menteri Pertanian Australia, Barnaby Joyce

BANGKAPOS.COM, CANBERRA - Menteri Pertanian Asuturalia Barnaby Joyce, Jumat (22/11/2013), memutuskan untuk menunda rencana kunjungannya ke Indonesia menyusul skandal penyadapan telepon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jakarta telah mengungkapkan reaksi marahnya atas berita Australia yang menyadap telepon Presiden Indonesia, isterinya dan kalangan terdekatnnya.

Dalam pernyataannya,  Menteri Pertanian Barnaby Joyce mengatakan dirinya tengah terlibat pembicaraan dengan Indonesia dan berencana mengunjungi Indonesia. Namun dalam situasi seperti ini Joyce memutuskan untuk menunda kunjungannya yang sebelumya dijadwalkan dalam beberapa pekan mendatang.

Penundaan ini terkait dengan laporan yang menyebutkan BUMN Indonesia telah menunda pembicaraan dengan perusahaan ternak Australia karena skandal penyadapan tersebut.

Direktur Eksekutif RNI Ismed Hasan Putro kepada Reuters mengatakan kalau pihaknya membekukan pembicaraan dengan mitra industri ternak di Australia sampai pemerintah Australia minta maaf kepada Indonesia.

"Permohonan maaf itu sangat penting untuk membangun rasa saling percaya yang menguntungkan, penghormatan dan kesetaraan di masa depan," katanya.

Putro yang tetap menolak menyebutkan nama perusahaan yang akan digandengnya sebagai mitra di Australia mengatakan RNI sudah siap memulai pembicaraan dengan Selandia  Baru sebagai calon mitra alternatif.

RNI tengah menjajaki kemungkinan membeli 4 perusahaan ternak Australia dengan target mengimpor lebih dari 100,000 ternak sapi hidup setiap tahun.

Kantor Kementerian Pertanian mengatakan penundaan kunjungan ini tidak terkait dengan laporan tersebut.

"Sebagai sebuah negara Indonesia harus tegas kepada Australia, tapi bisnis tidak  boleh dicampur adukan dengan politik," ujar Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Tags
Penyadapan
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved