Dokter Belum Tentukan Penyakit Bayi Kepala Dua

Kita akan jalani pemeriksaan terlebih dahulu, untuk memutuskan tindakan selanjutnya

Dokter Belum Tentukan Penyakit Bayi Kepala Dua
Kompas.com/Firmansyah
Bayi berkepala dua lahir di Bengkulu. Satu kepala berada di antara selangkangan (foto diblur).

BANGKAPOS.COM, BENGKULU - Direktur Rumah Sakit M. Yunus, Daisy Novira, mengatakan pihaknya belum dapat mengungkapkan penyakit yang diderita bayi Chelsiy Permata Sari, yang terlahir yang memiliki dua kepala. Satu di antaranya berada di selangkang.

"Kita akan jalani pemeriksaan terlebih dahulu, untuk memutuskan tindakan selanjutnya," kata Daisy saat mengunjungi rumah kedua orang tua Chelsiy di Bengkulu, Sabtu (14/12/2013).

Daisy mengakui Chelsy telah menjalani pemeriksaan di Rumah sakit M.Yunus. Pada saat itu secara fisik kondisinya baik. Namun, terkait tindakan medis terhadap kepala yang berada di selangkang, ia akan merujuk pasien ke rumah sakit di Palembang atau Jakarta. Saat ini, ada tiga diagnosa dokter, yakni tumor, kelainan perkembangan, dan kembar siang. Tetapi, hal tersebut belum dapat dijadikan pegangan.

"Tapi untuk pastinya kita tunggu hasil tes," tambahnya.

Di Jakarta, rumah sakit yang menjadi rujukan adalah RS Darmais, RS Harapan Kita, dan RS Ciptomangunkusumo.

Sementara itu Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah menyatakan, seluruh biaya pengobatan dan perawatan bayi itu menggunakan Jaminan Kesehatan Provinsi (Jamkesprov). "Biaya pengobatan dan perawatan ditanggung Pemprov Bengkulu. Kita berharap Chelsiy dapat sembuh dan sehat layaknya bayi normal lainnya," kata Junaidi.

Gubernur bersama Direktur RSM Yunus mengantarkan bayi Chelsiy ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan sebelum dirujuk ke Jakarta untuk menjalani operasi dan perawatan medis selanjutnya.

Cik Nurbaya, Nenek Chelsiy, mengatakan, keluarga sempat putus asa melihat kondisi putri kedua dari pasangan Riko Yan Saputra dan Wilda Sulita tersebut. "Awalnya kami sangat putus asa karena untuk mengobati cucu kami tak memiliki biaya," kata Cik Nurbaya.

Sebelumnya, seperti diberitakan, Chelsiy memiliki kelainan dengan dua kepala di mana satunya berada di selangkang. Namun, setelah Kompas.com mendatangi rumah kedua orang tua Chelsiy di Kelurahan Kandang, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu, kepala di selangkangan tersebut terdiri dari layaknya tempurung kepala. Namun, di kepala tersebut, tak terdapat organ mata, hidung, dan telinga.

Tags
bayi
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved